Jumat, 11 Desember 2009 18:45 WIB Sukoharjo Share :

Jelang Pilkada Sukoharjo, Pendaftar PPK sepi peminat

Sukoharjo (Espos)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mulai menjaring panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebagai langkah tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang bakal dihelat Juni 2010 mendatang.

Kendati begitu, KPU mengaku jumlah pendaftar PPK untuk Pilkada di Sukoharjo di beberapa kecamatan minim peminat. Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto mengatakan sejauh ini pihaknya telah menerima seluruh berkas pendaftaran PPK dari kecamatan.

“Intinya semua berkas pendaftaran dari kecamatan sudah, kami memang sengaja¬† memfokuskan pendaftaran di masing2 kecamatan agar lebih memudahkan para peserta, jadi tidak begitu jauh,” terangnya ketika dijumpai wartawan, Jumat (11/12) di kantornya.

Menurut Kuswanto, berkas administrasi pendaftaran yang diterima KPU, selanjutnya akan diseleksi untuk dipilih masing-masing kecamatan lima orang. Dia mengaku, meskipun jumlah pendaftar PPK di beberapa kecamatan minim peminat, namun hal itu tidak akan mempengaruhi jadwal penyeleksian berkas.

Sejauh ini, sambungnya, jumlah pendaftar PPK yang resmi mengirim berkas berjumlah 89 orang terdiri dari Mojolaban (5), Weru (6), Sukoharjo (13), Baki (7), Kartasura (7), Polokarto (10), Bulu (8), Nguter (6), Bendosari (9), Tawangsari (6), Gatak (6) dan Grogol (5).

“Dari beberapa kecamatan pendaftar PPK di Mojolaban dan Grogol cukup minim, padahal¬† kuota PPK di masing-masing kecamatan yang dibutuhkan tetap seperti Pemilu lalu yakni lima orang,” ujarnya.

Terkait minimnya pendaftar, dia mengaku hal itu diprediksi terjadi lantaran beberapa faktor seperti tingkat kecemasan yang berlebihan, masalah sosialisasi hingga honor yang cukup kecil yakni Rp 900.000 per bulan untuk ketua dan Rp 700.000 untuk anggota.

ufi

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…