News
Jumat, 11 Desember 2009 - 10:23 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Balapan tambah kereta ekstra

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)–
Stasiun diminta tegas memberhentikan setiap kereta api yang melintas dan masuk daerah operasi (Daop) VI PT Kereta Api Indonesia (KAI), ketika kedapatan membawa penumpang liar yang ada di kabin atau lokomotif kereta.

Hal ini disampaikan Executive Vice President (EVP) Daop VI PT KAI, Noer Hamidi, sebagai bagian dari operasi keselamatan lalu lintas kereta api menjelang Natal dan tahun baru 2010. “Kalau ada yang kedapatan membawa penumpang liar di kabin atau lokomotif, maka setiap stasiun yang ada di Daop VI wajib saling menginformasikan, memberhentikan kereta dan meminta agar penumpang liar turun. Kalau penumpang tidak mau turun, kereta tidak akan dijalankan,” tutur Noer.

Advertisement

Ia menyampaikan, peraturan ini berlaku di semua jenis stasiun. “Jadi, misalnya ada kereta bisnis berangkat ke Jakarta dari Stasiun Solo Balapan, maka di Stasiun Gawok misalnya, kereta tersebut bisa diberhentikan. Kendati pada umumnya, kereta bisnis tidak berhenti di stasiun tersebut,” paparnya.

Sementara, pada bagian lain, Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Suyatno menyampaikan, menjelang Natal dan tahun baru 2010, stasiun dipastikan menambah kereta api ekstra Argolawu yang berangkat dari Solo pukul 09.45 WIB, menjemput pemudik dari Jakarta. Kereta tersebut dioperasikan Kamis (17/12), Rabu-Kamis (23-24/12) dan Kamis (31/12).

“Kereta ini akan menjemput pemudik dari Jakarta, sehingga kemungkinan besar, kereta ini berangkat dari Solo dalam kondisi kosong. Penambahan kereta ekstra ini dilakukan karena penumpang reguler dari Jakarta pada Rabu-Kamis (23-24/12), sudah penuh,” papar Suyatno, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (10/12).

Advertisement

Sementara, kereta ekstra Argolawu pukul 21.45 WIB menuju Jakarta akan dioperasikan Minggu ( 20 dan 27/12 serta 3/1). Suyatno menambahkan, penjualan tiket dari Solo yang merupakan arus balik libur Natal dan tahun baru 2010 masih stabil. “Belum ada peningkatan yang signifikan, kecuali tanggal 27 Desember, penjualan tiket reguler sudah 100%.”

haw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif