Jumat, 11 Desember 2009 12:27 WIB News Share :

Hatta kian mantap pimpin PAN

Jakarta–Kongres PAN akan digelar sebulan lagi. Namun bursa calon ketua umum DPP PAN penganti Soetrisno Bachir (SB) sudah mulai marak. Hatta Rajasalah yang paling siap untuk menggantikan posisi SB untuk memimpin PAN 5 tahun mendatang.

Bukti kesiapan Hatta ditunjukkan dengan rencananya menggelar deklarasi calon ketua umum PAN di Batam pada Sabtu 12 Desember mendatang. Dalam deklarasi ini, Hatta akan mengundang semua pengurus DPD dan DPW PAN se-Sumatera guna meminta dukungan dan masukan dalam memimpin PAN 5 tahun mendatang.

“Betul, kami dari tim sukses Bang Hatta akan melakukan deklarasi calon ketua umum kami untuk Kongres PAN bulan depan. Deklarasi Bang Hatta akan dimulai dari Batam, dilanjutkan ke Bali dan Jawa nanti,” kata Sekjen Barisan Muda (BM) PAN Yanri Susanto, Jumat (11/12).

Menurut Yanri, deklarasi Hatta di Batam sebagai wujud apresiasi Hatta terhadap kader PAN yang ada di wilayah Sumatera. Sebab, selain akan memberikan pidato sambutan deklarasinya, Hatta juga akan mendengarkan masukan dan saran-saran dari pengurus DPD dan DPW yang hadir soal bagaimana membesarkan PAN.

“Nanti rencananya seluruh pengurus DPD yang berjumlah sekitar 157 DPD plus 10 DPW se-Sumatera akan diundang dan hadir. Mereka akan dimintai masukan selain mendengarkan pidato Bang Hatta,” imbuh Yanri yang juga menjadi salah satu tim sukses Hatta.

Yanri memastikan bahwa acara Hatta akan berlangsung ramai karena selain dihadiri oleh pengurus DPD dan DPW juga akan dihadiri oleh pengurus DPP PAN. Setidaknya beberapa pengurus teras DPP PAN seperti Zulkifli Hasan, Patrialis Akbar, Farhan Hamid dan pengurus lainnya akan hadir.

“Selain semua DPD dan DPW yang mempunyai hak suara dari Aceh sampai Lampung, yang hadir juga pengurus teras PAN. Karena semua diundang, termasuk Pak Amien,” tutur Yanri.

Sementara itu, Ketua Panitia Kongres PAN Taufik Kurniawan yang dikonfirmasi detikcom mengaku mendapatkan laporan dari tim sukses Hatta soal acara deklarasi Sabtu nanti. Taufik menyambut baik acara deklarasi tersebut dan siap memfasilitasi semua kandidat ketua umum untuk deklarasi.

“Saya hari Sabtu besok kebetulan ada acara rutin rapat evaluasi organizing committee (OC) untuk persiapan kongres di Batam. Saya dapat kabar katanya Tim Sukses Pak Hatta akan deklarasi. Kami menyambut baik dan kami akan memfasilitasi siapa pun kader yang akan deklarasi untuk maju,” kata ketua Komisi V DPR ini.

Soal acaranya seperti apa, Taufik mengaku tidak tahu persis karena agenda deklarasi merupakan tanggung jawab dari tim sukses. Taufik menyambut baik adanya deklarasi calon ketum PAN. Sebab dengan adanya deklarasi menunjukkan proses demokrasi di tubuh partai berlambang matahari ini sangat dinamis.

“Adanya deklarasi ini menunjukkan bahwa proses demokratisasi di tubuh PAN berjalan dinamis. Kami berharap setelah Bang Hatta akan segera menyusul deklarasi-deklarasi kandidat lainnya,” pungkas salah satu calon kuat sekjen DPP PAN ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…