Soloraya
Jumat, 11 Desember 2009 - 20:14 WIB

Depo ikan segar Kota Solo diresmikan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Tujuh pedagang yang menempati Depo Ikan Segar Kota Solo bakal dikenai biaya sewa, menyusul dibangunnya depo yang dilengkapi aneka fasilitas tersebut.

Jumat (11/12) kemarin, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan depo ikan yang dibangun dengan dana senilai Rp 1,215 miliar. Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Solo, Weni Ekayanti, saat ditemui wartawan, di sela-sela peresmian, Jumat, mengatakan pembangunan depo ikan dilengkapi pula dengan penyediaan peralatan dan perlengkapan depo senilai Rp 396 juta.
Perlengkapan dimaksud meliputi cool box, freezer, meja displai, ice maker machine, tabung oksigen dan hand trolly. Menurut Weni, fasilitas depo ikan kepada pedagang diberikan dengan sistem sewa. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membahas nilai sewa yang diterapkan.

Advertisement

“Nanti akan ada biaya sewa, sewa tempat dan sewa perlengkapan. Sebelum dibangun, pedagang paling hanya dikenai retribusi sekitar Ro 300-Rp 500 per hari. Tapi dengan fasilitas semacam ini, tentu dibutuhkan biaya untuk perawatan. Jadi kami segera akan berlakukan biaya sewa,” papar Weni.

Kendati demikian, dia menyebut nilai sewa tidak akan mutlak ditentukan Dispertan. Disamping melalui hasil kajian internal Dispertan, penentuan nilai sewa tersebut juga akan melihat kemampuan ekonomi pedagang.

Berdasarkan data kasar, Weni menyebut volume jual beli ikan segar di Solo mencapai 4-5 ton per hari. Jumlah tersebut diharapkan terus meningkat seiring dibangunnya depo ikan segar yang lebih representatif.

Advertisement

Weni menambahkan sebelum dibangun, depo ikan sebenarnya telah difungsikan untuk menampung aktivitas jual beli pedagang ikan segar yang biasanya menjual bebas dagangannya di sejumlah ruas jalan. Pembangunan depo ikan diharapkan dia berdampak juga pada meningkatnya konsumsi ikan masyarakat Solo. ”

tsa

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif