News
Jumat, 11 Desember 2009 - 11:02 WIB

Bangun 500 madrasah, Depag kucurkan dana Rp 213 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Departemen Agama mengucurkan dana senilai Rp 213 miliar untuk membangun 500 madrasah sebagai implementasi dari program 100 hari kerjanya. Ratusan madrasah tersebut akan dibangun di 27 kabupaten yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

“Ini dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikan agama. Pemberian block grant (bantuan langsung) sebesar Rp 213 miliar hingga tahun 2009,” kata Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA) kepada wartawan di Hotel Sheraton Media, Jl Gunung Sahari, Jakarta Utara, Kamis (10/12) malam.

Advertisement

Bantuan dalam bentuk uang tunai itu diberikan tidak merata. Pemberian bantuan dikhususkan untuk merenovasi bangunan madrasah yang kondisinya kurang layak.

“Bantuan madrasah dalam bentuk dana Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar. Nanti dilihat mana yang cukup hanya seratus, mana yang memang dapat lebih. Tapi memang maksimalnya Rp 1 miliar,” katanya.

Suksesnya pelaksanaan Haji di tahun 2009 juga menjadi program 100 hari Departemen Agama (Depag). Selain itu, kata SDA, Depag akan menata kenmbali undang-undang yang berkaitan dengan pelaksanaan Haji.

Advertisement

“Dalam bentuk kebijakan-kebijakan Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Agama, ada beberapa yang sudah kami kirim yang berkaitan dengan UU pelaksanaan ibadah haji. Sudah sekian tahun Peraturan Presidennya belum selesai dan Alhamdullilah dalam waktu dekat sudah selesai,” tandasnya.

Depag juga berencana meningkatkaan kualitas kehidupan kerukunan umat beragama yang akan dituangkan dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Depag Madrasah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif