Kamis, 10 Desember 2009 10:48 WIB News Share :

Bea Cukai musnahkan 103.057 botol Miras


Jakarta-
-Sebanyak 103.057 botol minuman keras (Miras) ilegal dari berbagai merk dan jenis hasil sitaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dimusnahkan, Kamis (10/12). Miras ilegal dengan total nilai sekitar Rp 18 miliar tersebut dimusnahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Minuman keras yang dimusnahkan tersebut terdiri atas 4.723 kardus (isi 20 botol) “Natural Soju” eks Korea dan 8.597 botol minuman keras merk Rose Mount, Lindemans, Amarula, Jhony Walker, Smirnoff, Jack Daniels, Chateu Noirac, Alexis Lichine, Sauvignon Hacienda, dan Queen Adelaide, serta Dorstdy Hof.

Modus operandi yang digunakan pelaku dalam upaya importasi minuman keras yang dimusnahkan diantaranya menggunakan pemberitahuan pabean melalui barang pindahan, memalsukan data impor, dan memakai nama perusahaan lain (undername).

Berdasarkan siaran pers Ditjen Bea dan Cukai, selain miras yang dimusnahkan, Bea Cukai Tanjung Priok telah melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap 7 kasus penyelundupan Miras selama tahun 2009. Tiga kasus sudah dalam tahap penyidikan dan empat kasus lagi masih dalam tahap penyelidikan.

Total potensi kerugian negara dari miras ilegal tersebut diperkirakan mencapai Rp 18 miliar.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…