Rabu, 9 Desember 2009 23:26 WIB Karanganyar Share :

UMK jauh dari harapan, Buruh tuntut Dewan Pengupahan dirombak


Karanganyar (Espos)-
-Elemen buruh di Kabupaten Karanganyar menyerukan adanya perombakan besar-besaran di tubuh Dewan Pengupahan, terutama dari unsur perwakilan serikat pekerja (SP).

Mereka menilai anggota Dewan Pengupahan yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha dan buruh, tak mampu mewakili kepentingan kaum buruh pada khususnya. Akibatnya, upah minimum kabupaten (UMK) Karanganyar tahun 2010 ini hanya ditetapkan senilai Rp 761.000.

Nilai UMK tersebut masih jauh dari harapan kaum buruh, karena jauh di bawah angka kebutuhan hidup layak (KHL) yang nilainya Rp 801.840. Selain itu, UMK Karanganyar pada tahun ini ternyata juga berada di bawah Sukoharjo, yang mencapai Rp 769.500.

“Terus terang, buruh sangat kecewa dengan ini. UMK-nya sudah jauh dari KHL, masih di bawah Sukoharjo. Perwakilan buruh di Dewan Pengupahan kami nilai gagal memperjuangkan kaum buruh. Mereka juga terbukti tidak mampu menjalankan perannya secara baik dan kredibel di bidang ini,” kata Ketua DPC Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (SP-KEP) Karanganyar, Eko Supriyanto, saat ditemui Espos seusai acara sosialisasi UMK oleh Dinsosnakertrans di aula kantor Kelurahan Cangakan, Karanganyar kota, Rabu (9/12).

Karena itulah, pihaknya bersama elemen buruh lain akan mendesak pihak-pihak terkait untuk dilakukan reposisi dan restrukturisasi di Dewan Pengupahan Karanganyar. Dari tiga perwakilan buruh di Dewan Pengupahan ini, kata dia, semuanya dinilai tidak kredibel dan konsisten memperjuangkan kaum buruh.

Ditambahkan Ketua Umum Pimpinan Serikat Pekerja (PSP) SPN pabrik Kusuma Hadi Santosa Jaten, Sabat Bambang Kismanto, Dewan Pengupahan Karanganyar tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik dalam melaksanakan tahapan pembahasan UMK maupun pengawalan aspirasi buruh itu sendiri.

Para buruh itu berharap, perombakan di tubuh Dewan Pengupahan dapat segera dilakukan untuk menyelamatkan lembaga ini, serta memperjuangkan kesejahteraan buruh supaya lebih baik. Terlepas dari itu, mereka juga siap mengawal UMK Karanganyar 2010.

dsp

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…