Selasa, 8 Desember 2009 12:54 WIB Internasional Share :

Ratusan ribu mahasiswa Iran gelar aksi demo

Teheran–Iran kembali dilanda aksi demo besar-besaran. Ratusan ribu mahasiswa Iran turun ke jalan dan melakukan demo antipemerintah.

Mereka meneriakkan “Matilah Diktator!” Massa juga membakar gambar-gambar pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Polisi antihuru-hara dan milisi Basij yang pro-pemerintah banyak dikerahkan. Mereka memukuli para pria dan wanita dengan tongkat pemukul sedangkan kerumunan demonstran melempari mereka dengan batu-batu. Demikian seperti dilansir International Herald Tribune, Selasa (8/12).

Para wartawan yang bekerja untuk organisasi-organisasi media asing dilarang meliput aksi protes ini. Saksi mata menuturkan, banyak demonstran ditangkap dalam aksi demo ini.

Aksi-aksi demo juga dilakukan di kampus-kampus di Teheran dan kampus lainnya di setidaknya enam kota lainnya. Di Universitas Politeknik Teheran misalnya, ribuan mahasiswa meneriakkan “Anda pengkhianat Mahmoud (Ahamadinejad) Anda menghancurkan tanah air kita,” seru mahasiswa.

Aksi demo ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam beberapa bulan terakhir. Lebih besar dari aksi demo terakhir yang berskala besar pada 4 November lalu.

isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…