News
Selasa, 8 Desember 2009 - 12:54 WIB

Ratusan ribu mahasiswa Iran gelar aksi demo

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teheran–Iran kembali dilanda aksi demo besar-besaran. Ratusan ribu mahasiswa Iran turun ke jalan dan melakukan demo antipemerintah.

Mereka meneriakkan “Matilah Diktator!” Massa juga membakar gambar-gambar pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Advertisement

Polisi antihuru-hara dan milisi Basij yang pro-pemerintah banyak dikerahkan. Mereka memukuli para pria dan wanita dengan tongkat pemukul sedangkan kerumunan demonstran melempari mereka dengan batu-batu. Demikian seperti dilansir International Herald Tribune, Selasa (8/12).

Para wartawan yang bekerja untuk organisasi-organisasi media asing dilarang meliput aksi protes ini. Saksi mata menuturkan, banyak demonstran ditangkap dalam aksi demo ini.

Aksi-aksi demo juga dilakukan di kampus-kampus di Teheran dan kampus lainnya di setidaknya enam kota lainnya. Di Universitas Politeknik Teheran misalnya, ribuan mahasiswa meneriakkan “Anda pengkhianat Mahmoud (Ahamadinejad) Anda menghancurkan tanah air kita,” seru mahasiswa.

Advertisement

Aksi demo ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam beberapa bulan terakhir. Lebih besar dari aksi demo terakhir yang berskala besar pada 4 November lalu.

isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif