Selasa, 8 Desember 2009 14:03 WIB Internasional Share :

Obama kirim diplomat veteran untuk bujuk Korut soal nuklir

Washington–Presiden AS Barack Obama mengirimkan diplomat veteran, Stephen Bosworth ke Korea Utara (Korut) untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi antara Pyongyang dan Washington.

Isu penting yang akan dibahas dalam pertemuan itu adalah masalah perlucutan nuklir Korut. Bosworth akan berupaya membujuk Pyongyang untuk kembali bergabung dalam dialog nuklir internasional. Korut telah mengumumkan keluar dari negosiasi nuklir tersebut awal tahun ini.

Bosworth dijadwalkan terbang dari pangkalan militer AS dekat Seoul, Korea Selatan (Korsel) menuju Pyongyang pada Selasa, 8 Desember waktu setempat. Lawatan itu akan berlangsung tiga hari.

Belum jelas dengan pejabat-pejabat Korut mana yang akan ditemui Bosworth di Pyongyang. Namun diperkirakan dia akan bertemu dengan Kang Sok Ju, wakil pertama menteri luar negeri yang dipandang sebagai kepala ahli strategi kebijakan luar negeri Presiden Korut Kim Jong Il.

“Pertanyaan utama adalah apakah Bosworth akan bertemu dengan Ketua Kim Jong Il,” kata Kim Yong-hyun, profesor studi Kkorut di Universitas Dongguk, Seoul seperti dilansir harian Straits Times, Selasa (8/12).

“Pertemuan seperri itu akan menunjukkan bahwa baik AS dan Korut berniat menyelesaikan isu nuklir,” tandasnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…