Selasa, 8 Desember 2009 13:03 WIB News Share :

Gerakan 9 Desember, Polisi fokus amankan tujuh lokasi

Jakarta--Polisi akan melakukan penjagaan ekstra di sejumlah tempat terkait aksi 9 Desember. Ada 7 tempat yang menjadi fokus yakni Bundaran HI, DPR, Monas, Istana Negara, DPR, dan KPK.

“Untuk pengamanan kita juga akan kerahkan 10 ribu personel yang akan disebar di seluruh wilayah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (8/12).

Sejauh ini sudah ada 5 elemen masyarakat yang melaporkan untuk melakukan aksi turun ke jalan. Salah satunya Gerakan Indonesia Baru (GIB).

“Nantinya kita juga akan mengawal dan mengamankan dari titik keberangkatan hingga aksi berakhir,” tutupnya.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri meminta masyarakat tidak termakan isu itu. Kapolri berharap aksi akan berjalan kondusif.

“Kita imbau masyarakat tidak usah khawatir,” kata Kapolri usai menghadiri Forum Koordinasi atau Konsultasi dengan Menkopolhukam, Jaksa Agung, KPK, Depkum HAM, di Hotel Le Meridien.

Bambang menerangkan, polisi senantiasa akan mengawal seluruh rangkaian aksi agar berlangsung tertib dan damai. Dia juga berharap agar elemen peserta aksi bisa membantu tugas polisi.

“Kita berharap suasana kondusif karena kami yakin teman-teman dari seluruh komponen memiliki semangat yang sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya.

Menurut Bambang, pihaknya akan selalu mengimbau agar peserta aksi tidak terpancing emosi. Bambang juga telah mengingatkan kepada petugasnya di lapangan agar menghindari kontak fisik.

“Kita juga imbau seluruh komponen yang melakukan aksi besok agar saat di lapangan tidak saling bersentuhan kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” terangnya.

Tanggapan Bapak soal beredarnya SMS bahwa besok akan rusuh? “Kita berharap seluruh rakyat tidak mengkhawatirkan terkait rangkaian kegiatan besok yang dilakukan oleh beberapa elemen. Hal itu dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, semangat ini untuk memberantas korupsi,” jawabnya.

Apakah ada persiapan khusus atau penambahan pasukan terkait aksi besok? “Prinsipnya kita memberikan pelayanan yang maksimal untuk menjaga kondusifitas yang selama ini ada,” tandasnya.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…