Selasa, 8 Desember 2009 14:27 WIB Haji,Internasional Share :

49 Korban banjir di Jeddah belum ditemukan

Jeddah–Sebanyak 49 korban banjir dan air bah yang melanda Jeddah (25/11) masih belum ditemukan, sementara jumlah korban tewas tercatat 116 orang, demikian dilaporkan oleh Tim Komisi Investigasi Jeddah.

“Dalam 24 jam terakhir ini belum ditemukan lagi pertambahan jumlah korban,” ungkap tim tersebut seperti yang diberitakan di Arabnewscom, Selasa (8/12).

Tim tersebut juga meninjau kawasan terparah yang terkena musibah tersebut, di seputar Danau Musk dan wilayah lainnya di bagian Selatan dan Timur Jeddah.

Pembangunan dam penahan air di seputar kawasan itu sedang dikebut sejak akhir pekan lalu dan saat ini sudah mencapai 70 persen untuk menghindari kemungkinan terulangnya kembali luapan air ke kawasan tersebut.

Sementara itu, dilaporkan sejumlah warga di kawasan musibah mengeluh karena lambannya proses rehabilitasi dan perbaikan yang dilakukan pemda setempat di kawasan hunian mereka. Warga di salah satu kawasan musibah tersebut dilaporkan menumpahkan kekesalan terhadap para relawan yang justeru ingin membantu meringankan penderitaan mereka.

“Sekiranya ada anggota polisi saat para relawan datang untuk membagikan barang-barang bantuan, tentunya hal itu tidak terjadi,” tutur Badar Al-Sharif dari Asosiasi Pusat Rukun Tetangga (Neighborhood Center’s Association).

Al-Sharif mengungkapkan, dua anggota relawan mengalami pemukulan, padahal mereka datang untuk memberikan bantuan. Untuk itu ia berharap agar aparat keamanan menyertai aktivitas para relawan. 

Sementara itu, Jubir Kepolisian Jeddah Kol. Misfer Al-Juaid berkilah bahwa pihaknya telah menempatkan anggotanya selama 24 jam penuh di wilayah musibah dan sudah berkoordinasi dengan tim bantuan dari pemda setempat mengenai pendistribusian bahan bantuan.
   
Ant/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…