News
Senin, 7 Desember 2009 - 17:37 WIB

Puting beliung hantam Dompu, lebih dari 1000 rumah warga rusak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mataram–Angin puting beliung disertai hujan lebat yang melanda Kabupaten Dompu, NTB, sejak Sabtu (5/12), telah memorak-porandakan lebih dari 1.000 rumah di kabupaten tengah-tengah Pulau Sumbawa itu. Sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, kantor pemerintah, masjid dan terminal rusak parah. Namun dilaporkan tak ada korban jiwa.

Kerusakan terutama terjadi pada atap rumah milik warga. Gedung SMPN 1 Dompu yang baru selesai dibangun, juga ambruk. Sementara atap terminal Dompu yang melayani angkutan antar kota dalam provinsi juga ambruk ke tanah. Satu mobil pick up tertimpa reruntuhan atap terminal.

Advertisement

Data Pemkab Dompu menyebutkan, total ada 953 rumah milik warga rusak ringan di bagian atap. Sebanyak 57 rumah lainnya dikategorikan rusak ringan. Sementara 29 rumah lainya rusak parah.

“Untuk rumah yang rusak berat, selain atap rumah yang ambruk, tembok rumah juga ikut roboh,” kata Saladin Hasan, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Dompu melalui sambungan telepon, Senin (7/12).

Pemerintah kata dia hinggga kini masih mendata kerusakan, sebelum mulai menyalurkan bantuan pada wargga. Belum diketahui berapa persis kerugian yang diakibatkan putting beliung ini.

Advertisement

Selain kerusakan rumah warga, terdapat enam unit kantor milik pemerintah yang juga rusak. Tiga lainnya adalah masjid.

Agus Suryanto, salah seorang warga Dompu menuturkan, hujan lebat mengguyur Dompu sejak Sabtu. Angin kencang yang bertiup tak dinyana warga akan menyebabkan kerusakan, bahkan hingga merobohkan rumah.

Senin sore ini, warga kata Agus masih sibuk mengumpulkan puing-puing rumah mereka yang berantakan disapu angin. “Kami kaget saja. Belum pernah terjadi yang begini soalnya,” kata Agus.

Advertisement

dtc/tya

Advertisement
Kata Kunci : Angin Puting Beliung
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif