Minggu, 6 Desember 2009 14:36 WIB News Share :

Yudhoyono minta Partai Demokrat aktif dalam Pansus Century

Jakarta–Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan delapan kader Partai Demokrat yang masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) hak angket Century DPR untuk benar-benar aktif membuat kasus tersebut terang benderang.

Dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-3 Partai Demokrat di Jakarta Convention Center, Minggu, Yudhoyono mengatakan Pansus harus dapat memberikan jawaban kepada rakyat tentang kasus Bank Century.

“Saya ingin kader Partai Demokrat berada secara aktif untuk betul-betul memberikan jawaban terhadap pertanyaan rakyat. Bagi delapan kader Partai Demokrat yang tergabung dalam Pansus berkaitan angket Bank Century, saya harap juga dengan terang menjawab apa yang menjadi ketidakmengertian dan rasa ingin tahu rakyat kita,” tuturnya.

Menurut Yudhoyono, terdapat setidaknya lima pertanyaan terkait aliran dana Bank Century yang harus dijawab dan dijelaskan kepada rakyat. Di antaranya, kata dia, apakah benar terjadi aliran dana ilegal dan apakah memang pejabat negara yang mengambil keputusan pengalihan Bank Century oleh pemerintah terlibat konflik kepentingan.

“Apakah pengambil keputusan yang menetapkan kebijakan dan langkah-langkah punya sesuatu yang diinginkan misalnya keuntungan finansial secara pribadi, keluarga, dan sebagainya, silahkan lihat, apakah ada ‘conflict of interest’ benturan kepentingan, silahkan dibuka dengan terang pula apakah ada korupsi ambil uang itu yang harusnya dialamatkan kepada yang berhak masuk ke kantong sendiri,” tuturnya.

Sebagai kepala negara dan pemerintahan, Yudhoyono mengatakan, ia ingin agar kasus Bank Century dibuat sejelas dan seterang mungkin agar rakyat juga mendapatkan penjelasan yang benar.

Namun, ia juga mengingatkan agar polemik Bank Century juga dipandang dari kondisi krisis keuangan yang melanda dunia pada akhir 2008.   Dalam Rapimnas ke-3, Partai Demokrat mengeluarkan pernyataan sikap yang salah satunya terkait dengan polemik aliran dana Bank Century.

Pernyataan sikap yang dibacakan oleh Ketua DPP Bidang Politik Partai Demokrat Anas Urbaningrum itu meminta agar Pansus hak angket DPR untuk Bank Century bekerja secara sungguh-sungguh tanpa ada fakta yang ditutupi.

“Bukan rekaan, rakyat juga ingin yang benar. Kami ingin kasus ini dibuka setuntasnya dan tidak untuk ditutupi. Partai Demokrat mendesak agar pihak-pihak yang melakukan tindakan kriminal segera diproses oleh penegak hukum dan adil,” ujarnya.        
Ant/tya

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…