Minggu, 6 Desember 2009 19:01 WIB Karanganyar Share :

2.799 Peserta CPNS Karanganyar tidak datang saat tes

Karanganyar (Espos)–Sebanyak 2.799 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Karanganyar  tidak hadir dalam pelaksanaan ujian tertulis, Minggu (6/12) pagi. Diduga mereka mengikuti tes di kabupaten/kota lain yang peluangnya lebih besar.

Informasi yang dihimpun Espos di Sekretariat Panitia Rekrutmen CPNS 2009 di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, kemarin, menyebutkan dari 21.409 peserta yang terdaftar, jumlah yang datang tercatat hanya 18.610 orang. Sedangkan 2.799 orang pelamar lainnya dinyatakan tidak hadir dan karenanya dipastikan gugur dalam proses seleksi.

“Hasil pantauan tim, hampir di sebagian besar ruang pelaksanaan ujian ada peserta yang batal mengikuti tes karena tidak datang. Bahkan ada satu kelas dimana pelamar yang absen sebanyak 17 orang,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Kastono DS, didampingi Kepala BKD, Sudirdjo, ditemui wartawan sesuai memantau langsung pelaksanaan ujian di sejumlah lokasi di wilayah setempat.

Kastono yang juga Ketua Panitia Rekrutmen CPNS 2009 Kabupaten Karanganyar, menyebutkan, secara umum pelaksanaan ujian tahun ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan berarti. Meski tidak memungkiri adanya sejumlah persoalan kecil di lapangan, dia menegaskan hal tersebut bisa langsung diatasi oleh panitia lokal yang bertanggung jawab di masing-masing lokasi penyelenggaraan ujian.

 Sementara itu Sudirdjo dalam kesempatan serupa menyatakan, seleksi CPNS seharusnya dilakukan dalam beberapa tahap. Namun demikian karena terbatasnya waktu, panitia hanya berkesempatan melaksanakan ujian tertulis. “Saat ini peserta hanya mengikuti tes kemampuan umum. Padahal idealnya ada wawancara dan tes potensi untuk menjaring mereka yang berkualitas. Tetapi persoalannya adalah waktunya yang sangat terbatas dan tidak memungkinkan tahapan itu,” sambungnya.

 

try

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…