Sabtu, 5 Desember 2009 22:45 WIB Haji,Internasional Share :

Tunggu jadwal kepulangan, jemaah haji perbanyak ibadah sunah


Mekah (Espos)–J
emaah haji asal Indonesia yang telah menunaikan rukun haji namun masih menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air, memanfaatkan waktu mereka dengan tetap melakukan ibadah fardhu dan memperbanyak ibadah sunah.

Di sela-sela waktu, jemaah haji juga menggunakan waktu untuk berbelanja atau berburu oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Tanah Air. Demikian disampaikan wartawan SOLOPOS, Insetyonoto dari Tanah Suci Mekah, Sabtu (5/12). “Selain ibadah rutin dan sunah, jemaah juga terus belanja oleh-oleh untuk keluarga, saudara atau kerabat di Tanah Air,” ujarnya.

Dia menambahkan, salah satu oleh-oleh yang diburu jemaah haji yakni tasbih dari bahan kayu yang konon merupakan peninggalan Nabi Nuh. Harga tasbih tersebut cukup mahal yakni 70 real atau Rp 175.000 dengan kurs satu real Rp 2.500. Lebih lanjut, Insetyonoto menyampaikan, suhu udara di Tanah Suci pada waktu malam tak lagi panas seperti hari-hari sebelumnya. Bahkan sejak sore hari, udara mulai terasa dingin sehingga jemaah harus menjaga kondisi tubuh.

Sementara untuk rombongan II jemaah haji Indonesia, mulai awal pekan depan akan meninggalkan Mekah menuju Madinah. Rombongan ini akan melakukan Salat Arbain di Masjid Mabawi selama delapan hari. “Setelah menunaikan salat, jemaah akan menuju Jeddah dan pulang ke Tanah Air. Sedangkan untuk rombongan I sedang berada di Mekah,” imbuh Insetyonoto.

kur

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…