Sabtu, 5 Desember 2009 10:45 WIB News Share :

Satgas untuk memberantas mafia hukum dibentuk

Jakarta–Satuan Tugas (Satgas) untuk membereskan mafia hukum akan dibentuk pekan depan. Satgas ini akan bekerja 2 tahun.

“Hari Senin akan dilaporkan kepada Presiden. Tapi yang paling penting itu Satgas akan dibentuk dan akan diumumkan minggu depan,” ujar Ketua Unit Kerja Presiden untuk Pemerataan dan Percepatan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto. Hal ini disampaikan Kuntoro di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Jumat (4/12) malam.

Satgas yang berada di bawah UKP4 ini, imbuhnya, bersifat koordinatif dan tidak akan mengambil kewenangan dari lembaga penegak hukum yang ada. Waktu kerja Satgas untuk mencapai sasaran adalah 2 tahun.

“Akan melakukan koordinasi, akan melakukan pembinaan, akan melakukan pembangunan sistem untuk mencegah meningkatnya mafia hukum,” jelas mantan Ketua Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias ini.

Sedangkan yang berhubungan dengan penindakan, hal itu akan dilakukan oleh lembaga-lembaga yang mempunyai fungsi penindakan. Nanti, Satgas ini akan berkoordinasi dengan para lembaga penegak hukum serta memberikan solusi.

“Seperti Kepolisian, Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung serta menerima masukan dari komiso-komisi,” tuturnya.

Kuntoro mengatakan siapa-siapa saja yang akan masuk dalam Satgas ini masih dibahas.

“Belum secara spesifik dibahas,” ujarnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…