Soloraya
Sabtu, 5 Desember 2009 - 20:02 WIB

Pengasapan Doplang-Boyolali terbakar, kerugian capai Rp 12,5 juta

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Boyolali (Espos)–
Sebuah tempat pengasapan tembakau di Dukuh Kuncen Desa Doplang Kecamatan Teras terbakar, Sabtu (5/12) sekitar pukul 08.00 WIB.

Pemilik tempat pengasapan, Agus Prawoto, 53 mengatakan, akibat peristiwa kebakaran itu pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 12,5 juta. “Tidak ada tembakau yang bisa diselamatkan. Semuanya ikut terbakar,” ucap Agus saat ditemui wartawan.

Advertisement

Menurut Agus, tembakau yang berada di tempat pengasapan kurang lebih sebanyak 5 ton senilai Rp 7,5 juta. Dikemukakan dia, kerugian lain yaitu akibat bangunan tempat pengasapan yang rusak. Seluruh bambu tempat meletakkan tembakau turut terbakar dan genteng pun ikut rusak berantakan. Jika ditotal, kerusakan bangunan senilai Rp 5 juta.

Awal mula kebakaran, kata dia, terjadi ketika para pekerjanya akan menambah sekam dan kayu di ruang pengasapan. Agus menuturkan, waktu itu ada api yang sudah menyala dan akhirnya cepat merambat ke daun tembakau. Untungnya, imbuh dia, ada mesin disel yang biasa dipake di tempat usahanya. Sehingga, begitu ada kebakaran, puluhan pekerjanya membantu memadamkan api dengan menggunakan air yang mengalir di sungai dekat tempat pengasapan.

Kapolres Boyolali, AKBP Agus Suryo Nugroho SH melalui Kapolsek Teras, AKP Demianus P SH menyampaikan, dugaan sementara penyebab kebakaran tempat pengasapan yaitu karena kurang kontrol.

Advertisement

nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pengasapan Tembakau
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif