Sabtu, 5 Desember 2009 15:19 WIB Internasional Share :

Main kembang api, 101 orang tewas di Kafe Rusia

Moskow--Lebih dari 100 orang tewas dalam kebakaran hebat di sebuah kafe di Kota Perm, Rusia. Penyebab kebakaran itu adalah kembang api.

“Kecelakaan ini dikarenakan pelanggaran instruksi saat melemparkan kembang api,” kata seorang pejabat setempat, Vladimir Markin seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (5/12).

Menurut pejabat-pejabat bagian emergensi, kembang api yang digunakan di kafe itu seharusnya ditujukan untuk dilemparkan di ruang terbuka dan dilarang untuk digunakan di ruangan tertutup.

“Ada kembang api yang dilemparkan di lokasi, dan salah satu mengenai plafon plastik, hingga menimbulkan ledakan. Orang-orang panik dan tewas terbakar serta keracunan gas,” kata menteri keamanan publik wilayah Perm, Igor Orlov.

Musibah ini terjadi ketika lebih dari 200 orang, kebanyakan pekerja kafe dan keluarga mereka sedang berpesta di tempat itu. Mereka merayakan ulang tahun ke-8 bar tersebut.

Sumber kepolisian mengatakan kepada media RIA Novosti, kebanyakan korban tewas karena keracunan karbon monoksida. Otoritas menolak kemungkinan ledakan tersebut akibat serangan teroris. Sebab tidak ditemukan sisa-sisa bahan peledak ataupun petunjuk lain yang mendukung teori tersebut.

Namun menurut sumber kepolisian, tidak bisa disangkal kemungkinan adanya niat kriminal di balik musibah ini. Pemerintah Rusia telah membentuk sebuah komite untuk menyelidiki tragedi ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…