Soloraya
Sabtu, 5 Desember 2009 - 19:28 WIB

Dua penghuni Rutan Solo terinfeksi HIV

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo– Sebanyak dua orang penghuni Rumah Tahanan Surakarta serta seorang mantan penghuni tertular virus HIV, namun apakah mereka terinfeksi virus itu saat di luar atau di dalam rutan belum diketahui secara pasti.

Kedua penghuni rutan serta satu orang lainnya tersebut semuanya lelaki usia antara 20 hingga 30 tahun, warga biasa dan sebagai tahanan kriminal, kata dokter Rutan Surakarta Andriana, usai memberikan penyuluhan kepada penghuni Rutan Surakarta terkait acara sarasehan Hari HIV/AIDS se-Dunia, di Rutan Surakarta, Sabtu (5/12).

Advertisement

Namun, pihak Rutan tidak menyebut identitas ketiga warga binaannya yang terinfeksi HIV tersebut. Menurut Andriana, dari ketiga tahanan penderita HIV tersebut, satu di antaranya, sudah bebas menjalani hukuman sekitar Februari 2009.

“Keduanya selama masih di Rutan ini mendapatkan pengobatan rutin,” katanya.

Advertisement

“Keduanya selama masih di Rutan ini mendapatkan pengobatan rutin,” katanya.

Sementara menurut Kepala Rutan Surakarta Azwar, Rutan tidak akan menutupi adanya temuan beberapa warga binaan yang positif terkena HIV tersebut.

“Kami tidak menutup informasi binaannya ada yang terinfeksi HIV,” kata Azwar.

Advertisement

Menurut dia, virus yang dibawa penderita HIV agar tidak menyebar ke penghuni rutan lainnya, pihak rutan bekerja sama dengan RSUD Moewardi Solo, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Daerah Kota Surakarta, dan lsm setempat secara aktif memberikan penyuluhan.

Mereka memberikan penyuluhan kepada para penguhuni Rutan, dua kali dalam sepekan terkait rentannya penularan virus HIV di rutan.

Andriana menambahkan, penghuni rutan berisiko tinggi terkena virus HIV karena disinyalir secara sembunyi mereka mengonsumsi narkoba dengan berbagai cara dan melakukan hubungan seks sesama jenis.

Advertisement

Menurut Andriana, di Rutan tersebut pada 2007 juga tercatat ada dua penghuni yang teridentifikasi terjangkit virus HIV, tetapi keduanya sudah selesai menjalani hukuman.

“Kami berupaya menanggulangi penyakit ini dengan memberikan penyuluhan secara rutin kepada penghuni Rutan,” katanya.

Sementara penghuni Rutan Surakarta hingga saat ini sebanyak 556 orang napi maupun tahanan titipan dan 526 orang di antaranya pria serta sisanya wanita.

ant/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : HIV Penghuni Rutan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif