Jumat, 4 Desember 2009 11:44 WIB News Share :

Waspadai cuaca buruk pada tanggal 4-7 Desember


Jakarta–
Bagi Anda yang berencana menghabiskan akhir pekan ini dengan keluar kota, sebaiknya menyimak peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami cuaca buruk.

Menurut informasi dari situs resmi BMKG, Jumat (4/12), diperkirakan cuaca buruk terjadi pada Tanggal 4-7 Desember 2009. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di beberapa wilayah yaitu :

Nanggroe Aceh Darusallam (NAD), Pesisir Barat Sumatera, Pesisir Timur Sumatera, Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan, Jabodetabek Jawa bagian Barat, Tengah dan Timur, Sebagian besar Kalimantan Sulawesi bagian Utara, Sulawesi bagian Tengah, Sulawesi bagian Selatan Maluku Utara, Maluku Tengah, Papua bagian Utara, Papua bagian Barat dan Papua bagian Tengah.

Cuaca buruk ini disebabkan adanya aktifitas daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah Barat Sumatera yang mempengaruhi kondisi atmosfer di sebagian wilayah Indonesia sebelah Utara dan Selatan khatulistiwa bagian Barat. Kondisi tersebut memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian Barat, Utara dan Timur.

Perlu juga diperhatikan adanya aktifitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal. Hal tersebut akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…