Jumat, 4 Desember 2009 06:45 WIB Solo Share :

Proyek talut lambat, warga Semanggi desak penyelesaian

Solo (Espos)–Warga lima rukun warga (RW) di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, mendesak Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dan pemerintah kota (Pemkot) setempat segera merampungkan perbaikan talut sungai dan pintu air di RW XXIII Semanggi.

Warga mulai resah menyusul meningkatnya curah hujan di Solo beberapa pekan terakhir. Apalagi curah hujan diperkirakan bakal mencapai puncak Desember 2009 hingga Januari 2010. Keterangan itu disampaikan Ketua Seksi Pembangunan RW XXIII, Darman Hadi Martono dan Bendahara RW XXIII, A Suroto, saat ditemui wartawan, Kamis (3/12).

“Kerjone koyo wong dolanan. Pengerjaan proyek belum ada seper sepuluh dari target. Padahal ibu rumah tangga dan anak-anak resah mengetahui perkiraan curah hujan di media massa,” ujar Suroto yang diamini Darman Hadi.

Padahal, mereka menambahkan, warga Semanggi telah beraudiensi dengan legislator, Walikota Joko Widodo (Jokowi), Wakil Walikota, FX Hadi Rudyatmo, serta unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Darman Hadi menyampaikan, perbaikan talut sungai hanya dikerjakan sekitar lima hingga enam pekerja dalam sehari. Jumlah tersebut dinilai sangat minimalis. Selain itu, satu alat berat berupa back hoe diketahui seringkali rusak sehingga menghambat pengerjaan proyek.

Selain persoalan talut, warga mengkhawatirkan kondisi pintu air saluran yang rusak. Bila debit air Kali Pepe atau Sungai Bengawan Solo naik, kendati tak banjir, air saluran meluber.
Kondisi tersebut menurut Darman disebabkan air saluran tidak tertampung di sungai.

Kerusakan pintu air pada lepasnya salah satu engsel daun pintu sehingga fungsi buka-tutupnya tidak berjalan. “Bila air sungai kembali naik, pasti saluran sungai meluap dan daun pintu bisa saja lepas sehingga terbawa arus. Ini harus diperhatikan. Pihak terkait harus segera memperbaiki pintu ini,” tegasnya. Dia menambahkan, bila sungai dan saluran air meluap, wilayah yang tergenang air meliputi RW IV, V, VI, VII dan XXIII.

kur

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…