Jumat, 4 Desember 2009 12:10 WIB Internasional Share :

Gedung Putih kecolongan pasangan sosialita masuk ke acara Obama

Washington–Insiden masuknya sepasang suami istri ke acara kenegaraan Gedung Putih  tanpa diundang berbuntut panjang. Dinas Rahasia AS, Secret Service menghentikan sementara agen-agennya yang mengizinkan pasangan tak diundang tersebut masuk ke acara makan malam yang dipimpin Presiden AS Barack Obama.

“Dalam penilaian kami, kesalahan telah dilakukan,” kata Mark Sullivan, Direktur Secret Service, unit polisi khusus yang bertanggung jawab atas perlindungan presiden AS.

“Kita tak bisa membiarkan satu kesalahan pun,” cetus Sullivan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (4/12).

Pasangan tersebut, tokoh sosial dan bintang TV Tareq dan Michaele Salahi, berhasil masuk ke Gedung Putih setelah melewati beberapa lapis keamanan pada 24 November lalu.
Pasangan kaya itu bukan cuma masuk tanpa diundang ke acara untuk menghormati Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh tersebut. Tapi juga berbaur dan bercakap-cakap dengan sejumlah pejabat penting AS. Keduanya bahkan sempat berjabatan tangan dengan Obama bahkan berfoto bareng dengan Wakil Presiden AS Joe Biden.

“Saya menyesalkan pada Selasa, 24 November, protokol dan prosedur yang ada tidak dijalankan hingga membiarkan dua orang masuk ke dalam Gedung Putih,” tutur Sullivan. Ditambahkannya, pelanggaran ini tidak bisa diterima dan tak bisa dibela.

Pejabat-pejabat Secret Service mengakui, insiden itu merupakan kesalahan keamanan yang sangat besar yang bisa menimbulkan bahaya seandainya mereka punya niat jahat terhadap Obama ataupun para tamu undangan.

Menurut para pakar keamanan, meskipun pasangan sosialita itu telah melalui pemeriksaan detektor logam, namun seorang teroris pasti punya cara lain untuk melakukan serangan, termasuk menyelundupkan senjata biologi ke dalam Gedung Putih.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…