Jumat, 4 Desember 2009 07:49 WIB Internasional Share :

19 Orang termasuk 3 Menteri Somalia tewas karena aksi bom bunuh diri

Somalia--Sebuah ledakan bom bunuh diri menewaskan 19 orang di ibukota Somalia, Mogadishu, Kamis (3/12). Bom tersebut juga menewaskan tiga menteri Somalia.

“Bom bunuh diri meledak di dalam Hotel Shamo ketika upacara wisuda fakultas kedokteran Universitas Banadir. Akibatnya 19 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka,” ujar salah seorang anggota Persatuan Afrika Amisom seperti dikutif dari situs AFP, Jumat (4/12).

Bom tersebut juga mengakibatkan 60 orang lebih mengalami luka yang cukup serius. Mereka selanjutnya dibawa ke rumah sakit Medina yang terletak di selatan Mogadishu.

Dalam acara tersebut pihak panitia memang mengundang beberapa menteri untuk bisa menghadiri wisuda 43 mahasiswa Universitas Banadir. “Tiga menteri Somalia yang tewas tersebut yaitu Menteri Kesehatan Qamar Aden Ali, Menteri Pendidikan Ahmed Abdulahi Waayeel dan Menteri Perguruan Tinggi Ibrahim Hassan Addow,” ujar salah seorang staff senior pemerintah.

Dua wartawan dari Radio Shabele dan stasiun TV Al Arabiya yang sedang meliput dan seorang dokter juga tewas. Selain itu Menteri Olahraga Suleyman Olad Roble juga mengalami luka dalam insiden tersebut.

“Hari ini setiap orang dari univesitas ini menangis. Tidak ada satu orang pun yang mengharapkan tragedi dalam upacara wisuda ini,” ujar salah seorang kerabat korban meninggal, Abdiweli Mohamed.

Petugas keamanan hotel mengungkapkan, bom bunuh diri tersebut dilakukan oleh seseorang yang mengenakan pakaian wanita yang berada di antara tamu lainnya yang memenuhi balai pertemuan hotel tersebut.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…