Soloraya
Kamis, 3 Desember 2009 - 01:31 WIB

Pilkada Solo, KPPS pertajam peta politik

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Rencana Koalisi Partai Politik Surakarta (KPPS) mengumumkan hasil pengerucutan calon-calon pada media Desember, tertunda.

Koalisi 24 partai politik ini memutuskan akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk mendeklarasikan pasangan-pasangan calon yang bakal mereka usung dalam Pilkada 2010.

Advertisement

Sementara, sejumlah nama baru kembali masuk ke kubu KPPS. Salah satu Koordinator KPPS, Nasution mengatakan penundaan agenda pengumuman calon itu lantaran pihaknya masih perlu melakukan penajaman kajian terhadap sejumlah kandidat.
“Deklarasi kami undur dua pekan. Karena ternyata dari kandidat calon menginginkan penajaman peta politik, untuk memantapkan kesiapan maju dalam Pilkada. Mereka meminta waktu untuk memberikan respons,” terang Nasution ketika ditemui Espos, Rabu (2/12), di Gedung Dewan.

Setelah mengumumkan pasangan-pasangan calon, KPPS merencanakan fit and proper test bagi para pasangan calon. Tahapan yang direncanakan pada bulan Januari tahun depan ini akan dilaksanakan oleh para ahlinya, dan bukan dari KPPS.
Ia menjelaskan di samping menajamkan peta kekuatan politik, KPPS juga masih harus melakukan komunikasi politik dengan kandidat-kandidat baru.

Di antara figur baru yang muncul, salah satunya adalah perempuan. Nasution menyebutkan beberapa nama baru yang muncul yaitu Nur Harjanto dari kalangan pengusaha, Slamet Haryono dan Daryati Qomaruddin.

Advertisement

Dengan demikian, KPPS kini memiliki lebih dari 15 kandidat calon yang akan disaring. Nasution menyebutkan Daryati mendapat dukungan dari kalangan pengusaha wanita yang tergabung dalam Iwapi (ikatan wanita pengusaha Indonesia).

Dia menilai belum tentu calon incumbent bisa menang kembali dalam Pilkada. Beberapa hal yang perlu dipahami masyarakat adalah kemenangan calon tidak hanya ditentukan berdasarkan popularitasnya. Selain kendaraan politik, juga ditentukan oleh tim sukses atau tim pemenangannya. “Karena itu, sekarang kami fokuskan untuk memantapkan kendaraan politik. Soal tim sukses, ditentukan oleh si calon itu sendiri. Apakah akan melibatkan partai atau murni orang-orang dari pihak calon.”

iik

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kpps Pilkada Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif