Kamis, 3 Desember 2009 21:25 WIB Sukoharjo Share :

Jumlah pemilih Pilkada Sukoharjo tambah 11.553 suara


Sukoharjo (Espos)-
-Jumlah warga yang berpartisipasi dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2010 mendatang bertambah sebanyak 11.553 suara, yaitu dari 661.650 suara saat pemilihan umum presiden (Pilpres) menjadi 673.203 suara.

Selanjutnya penambahan suara pemilih tersebut telah dituangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dalam daftar penduduk pemilih potensial (DP4) yang diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin. Penyerahan secara simbolis berlangsung di Graha Satya Karya (GSK) dan diterima langsung oleh Ketua KPU, Kuswanto.

Anggota KPU Divisi Pendaftaran Pemilih dan Kampanye, A Muladi menjelaskan, pihaknya memang sudah menerima secara simbolis DP4 dari Dispendukcapil. “Mengapa saya katakan simbolis karena belum semua DP4 beserta rekapitulasinya Dispendukcapil kepada kami,” jelasnya ketika dijumpai wartawan seusai acara penyerahan, Kamis. Sisa DP4 yang belum diterima KPU, akan diserahkan Dispendukcapil secara bertahap.

Muladi menambahkan, berdasarkan DP4 yang ada, ada penambahan signifikan dalam Pilkada mendatang yaitu sebanyak 11.553 suara. Muladi menambahkan, setelah PPK menerima DP4, data tersebut akan diserahkan lagi kepada panitia pemungutan suara (PPS) untuk diberikan kepada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Oleh PPDP, DP4 yang ada akan dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) sehingga dihasilkan daftar pemilih sementara (DPS).

Melihat jadwal yang ada, Muladi mengatakan, antara 5 Februari hingga 26 Februari, DPS akan diumumkan di masing-masing kelurahan atau desa. Saat diumumkan itulah, warga yang merasa belum terdaftar di DPS bisa minta dimasukkan sebagai pemilih.

aps

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…