Kamis, 3 Desember 2009 20:38 WIB News Share :

Balik ke KPK, Bibit prioritaskan penanganan 3 kasus korupsi

Kediri–Pengaktifan Bibit Samad Rianto sebagai Wakil Keta KPK hanya tinggal menunggu Keppres dari Presiden SBY. Di tengah penantian, lelaki berusia 64 tahun tersebut mengaku sudah mempersiapkan rencana kerja, dengan prioritas penanganan pada 3 kasus korupsi besar.

3 kasus tersebut adalah pemberian suap terhadap mantan Anggota Komisi II DPR RI Agus Condro, korupsi pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) dengan pelaku Anggoro Widjaya, serta korupsi pada Bank Century.

“Itu sebatas rencana saya dan realisasinya tentu akan kami bicarakan di KPK,” ungkap Bibit saat ditemui wartawan di sela kegiatannya pulang kampung ke Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Kamis (3/12).

Khusus untuk penanganan terhadap korupsi di Bank Century, Bibit mengaku akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan KPK sebelumnya. Terkait kemungkinan akan mengungkap dugaan aliran dana Bank Century ke sejumah politisi, dia enggan menjelaskannya.

“Ya seperti saya sampaikan tadi, saya harus koordinasi dengan teman-teman di KPK dulu,” ujar Bibit.

Namun sayang, saat ditanya lebih detail mengenai rencana kerjanya Bibit enggan membeberkan lebih lanjut. “Jangan sekarang dibeberkan, nanti malah mengganggu kerja teman-teman. Apalagi sekarang saya kan belum resmi kembali ke KPK,” elaknya.

Selain 3 kasus korupsi besar tersebut, sejumlah kasus koruspi dengan skala yang lebih kecil juga diakui dalam pengawasan. Meski demikian, status KPK terhadap kasus kecil tersebut hanya menjadi supervisi.

Bibit Samad Rianto kembali ke kampung halamannya di Jalan Suparjan Mangunwidjaya No.15, Kelurahan Sukorema, Kecamatan Mojoroto, sebagai rangkaian melepas kangen terhadap anggota keluarganya. Selain itu, Jumat (4/12/2009) besok dia juga merencanakan akan ziarah ke makam ayahnya, sebelum kembali ke Jakarta sehari sesudahnya.
dtc/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…