Soloraya
Kamis, 3 Desember 2009 - 18:49 WIB

2009, produktivitas tembakau Klaten capai 3.702.99 ton

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Klaten (Espos)–
Produktivitas tembakau Kabupaten Klaten tahun 2009 mencapai 3.702.99 ton. Banyaknya jenis tembakau yang diproduksi membuat Klaten dinilai sebagai barometer tanaman ini di Jawa Tengah.

Kasi Produksi dan Pengembangan Usaha, Bidang Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Klaten, Joko siswanto mengatakan, ke-3.702.99 ton tersebut terdiri atas lima jenis tembakau yakni rajangan, asepan, virginia, vorstenland VBN, dan vorstenland No.

Advertisement

Joko menilai, Kabupaten Klaten telah menjadi barometer perkebunan tembakau di Jawa Tengah (Jateng) lantaran mampu memproduksi lima jenis tembakau tersebut. Menurutnya, iklim dan kondisi tanah yang gembur, membuat Klaten berpotensi ditanami berbagai jenis tembakau di atas. Hal itulah yang membedakan produktivitas tembakau lebih beragam dibandingkan dengan daerah lain.

“Tidak semua jenis tembakau yang ditanam di Klaten bisa dibudidayakan di daerah lain. Sebab, masing-masing daerah mempunyai tingkat iklim dan tingkat kegemburan tanah yang berbeda-beda,” papar Joko saat ditemui Espos di kantornya, Kamis (3/12).

Di antara kelima jenis tembakau tersebut, dua jenis tembakau yakni asepan dan rajangan mempunyai produktivitas tertinggi. Jenis asepan mempunyai produktivitas tertinggi dengan 2.363.933 ton. Sementara jenis tembakau rajangan produktivitasnya mencapai 917.486 ton.

Moh Khodiq Duhri

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif