Rabu, 2 Desember 2009 16:23 WIB Internasional Share :

Raja Thailand sakit, ribuan warga ramai-ramai datangi RS

Bangkok–Ribuan rakyat Thailand setiap hari berdatangan ke rumah sakit untuk mendoakan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang sedang sakit. Apalagi sang Raja akan berulang tahun yang ke-82 pada Sabtu, 5 Desember mendatang.

Raja Bhumibol telah dirawat di Rumah Sakit Siriraj sejak 19 September lalu. Tidak disebutkan penyakit yang dideritanya.

Menjelang peringatan ulang tahun Raja, lusinan warga Thai bahkan rela berkemah di luar rumah sakit. Rakyat tak sabar untuk melihat kemunculan Raja Bhumibol di hari ulang tahunnya.

“Ini akan jadi hari yang besar. Saya menunggu untuk melihat wajahnya lagi dan saya pikir seluruh negeri menunggu,” kata Suwana Kennamtheung, seorang ibu rumah tangga yang datang ke rumah sakit setiap hari sejak September seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (2/12).

Akibat sakit yang dideritanya, Raja Bhumibol tidak akan memberikan pidato di malam ulang tahunnya. Padahal hal itu telah lama menjadi tradisi.

“Hati saya hancur ketika saya dengar dia tidak akan memberikan pidato,” kata Duangporn Saibumrung, yang menjual mie telur di kios dekat rumah sakit.

Para pengunjung rumah sakit banyak yang mengenakan pakaian, sepatu dan tas berwarna pink. Sebab menurut para astrolog istana, warna pink merupakan warna menguntungkan bagi kesehatan raja.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…