Soloraya
Rabu, 2 Desember 2009 - 02:07 WIB

Pilkada Solo, PDIP tunggu Rakercabsus, PAN siap rilis hasil penjaringan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)-
-Tim 10 Partai Amanat Nasional (PAN) akan merilis kandidat calon hasil survei eksternal dan internal pada pekan ini.

Sementara itu proses pencalonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menunggu hasil Rakercabsus yang direncanakan berlangsung bulan ini.

Advertisement

Berdasarkan data yang dihimpun Espos hingga Senin (1/12), aspirasi yang masuk melalui SMS Center, telah mencapai sedikitnya 200-an pesan. Ketua Tim 10, Muslich, mengatakan penjaringan aspirasi melalui SMS Center akan ditutup Senin tengah malam. Selama masa penjaringan aspirasi ini, telah masuk beberapa nama kandidat yang diusulkan masyarakat Solo.

Nama atau sosok baru kandidat calon terus bermunculan. Mulai dari Setiawan Djodi, Zainal Abidin dan terakhir muncul nama Heru Notonegoro. Muslich mengatakan hasil SMS Center akan dikalkulasi dan dipadukan dengan hasil survei yang dilakukan melalui kuesioner. Yaitu kuesioner dari masyarakat maupun dari internal partai.

Hasil penjaringan melalui penyebaran kuesioner, lanjutnya, sudah masuk sekitar 90%. “Masing-masing hasil survei akan kami kalkulasi dan dipadukan menjadi satu. Rencananya, pekan ini sudah muncul hasil akhir penjaringannya. Kalau tidak hari Kamis, mungkin Jumat,” terang Muslich, ketika dihubungi Espos, Selasa (1/12).

Advertisement

Tapi, tidak semua kandidat yang masuk akan ditampilkan dalam hasil penjaringan. Ia menjelaskan Tim 10 hanya akan menampilkan nama-nama usulan dari masyarakat yang persentase akumulasinya mencapai minimal 5%.

Sementara, proses pencalonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menunggu hasil Rakercabsus yang direncanakan berlangsung bulan ini. Terkait munculnya dukungan dari forum masyarakat Pasar Kliwon dan Serengan (Formas Paser), Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPC PDIP, YF Sukasno, mengatakan dukungan itu merupakan keinginan dari sebagian masyarakat Solo.

Namun demikian, proses pencalonan atau siapa calon yang nanti bakal diusung oleh PDIP akan mengikuti mekanisme partai. Munculnya berbagai dukungan dari masyarakat maupun dari internal partai, akan menjadi catatan dan dilaporkan ke DPP PDIP bersamaan dengan hasil Rakercabsus.

Advertisement

Sebelumnya, menurut Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPC PDIP Windu Winarso, PAC dan Ranting PDIP telah memberikan dukungan resmi melalui surat, terkait pencalonan pasangan incumbent. PAC dan Ranting meminta DPC PDIP untuk mencalonkan kembali pasangan Jokowi-Rudy dan meminta pasangan ini kembali maju dalam Pilkada.

iik

Advertisement
Kata Kunci : PDIP Pilkada Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif