Rabu, 2 Desember 2009 02:07 WIB Solo Share :

Pilkada Solo, PDIP tunggu Rakercabsus, PAN siap rilis hasil penjaringan


Solo (Espos)-
-Tim 10 Partai Amanat Nasional (PAN) akan merilis kandidat calon hasil survei eksternal dan internal pada pekan ini.

Sementara itu proses pencalonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menunggu hasil Rakercabsus yang direncanakan berlangsung bulan ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Espos hingga Senin (1/12), aspirasi yang masuk melalui SMS Center, telah mencapai sedikitnya 200-an pesan. Ketua Tim 10, Muslich, mengatakan penjaringan aspirasi melalui SMS Center akan ditutup Senin tengah malam. Selama masa penjaringan aspirasi ini, telah masuk beberapa nama kandidat yang diusulkan masyarakat Solo.

Nama atau sosok baru kandidat calon terus bermunculan. Mulai dari Setiawan Djodi, Zainal Abidin dan terakhir muncul nama Heru Notonegoro. Muslich mengatakan hasil SMS Center akan dikalkulasi dan dipadukan dengan hasil survei yang dilakukan melalui kuesioner. Yaitu kuesioner dari masyarakat maupun dari internal partai.

Hasil penjaringan melalui penyebaran kuesioner, lanjutnya, sudah masuk sekitar 90%. “Masing-masing hasil survei akan kami kalkulasi dan dipadukan menjadi satu. Rencananya, pekan ini sudah muncul hasil akhir penjaringannya. Kalau tidak hari Kamis, mungkin Jumat,” terang Muslich, ketika dihubungi Espos, Selasa (1/12).

Tapi, tidak semua kandidat yang masuk akan ditampilkan dalam hasil penjaringan. Ia menjelaskan Tim 10 hanya akan menampilkan nama-nama usulan dari masyarakat yang persentase akumulasinya mencapai minimal 5%.

Sementara, proses pencalonan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menunggu hasil Rakercabsus yang direncanakan berlangsung bulan ini. Terkait munculnya dukungan dari forum masyarakat Pasar Kliwon dan Serengan (Formas Paser), Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPC PDIP, YF Sukasno, mengatakan dukungan itu merupakan keinginan dari sebagian masyarakat Solo.

Namun demikian, proses pencalonan atau siapa calon yang nanti bakal diusung oleh PDIP akan mengikuti mekanisme partai. Munculnya berbagai dukungan dari masyarakat maupun dari internal partai, akan menjadi catatan dan dilaporkan ke DPP PDIP bersamaan dengan hasil Rakercabsus.

Sebelumnya, menurut Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPC PDIP Windu Winarso, PAC dan Ranting PDIP telah memberikan dukungan resmi melalui surat, terkait pencalonan pasangan incumbent. PAC dan Ranting meminta DPC PDIP untuk mencalonkan kembali pasangan Jokowi-Rudy dan meminta pasangan ini kembali maju dalam Pilkada.

iik

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…