Rabu, 2 Desember 2009 12:55 WIB News,Issue Share :

Panitia JiFFest Kecewa Film "Balibo" dinyatakan tak lulus sensor

Jakarta–Panitia Jakarta Internasional Film Festival (JiFFest) mengaku kecewa film “Balibo” diyatakan tidak lulus sensor oleh Lembaga Sensor Film (LSF). Mereka akan bernegosiasi dengan LSF agar film yang disutradarai Robert Connolly itu bisa diputar.

“Oh, kita kecewa pasti. Ini film pertama yang dilarang setelah adanya Undang-undang yang baru. Kabarnya UU itu lebih demokratis?” kata Direktur Program JiFFest, Lalu Roisamri, kepada detikcom, Rabu (2/12).

Menurut Lalu, pihaknya akan melobi LSF supaya film tersebut dapat diputar secara tertutup dengan penonton terbatas. Sejauh ini, baru “Balibo” yang dilarang dari sekian banyak film yang hendak diputar di JiFFest pada 4-12 Desember mendatang.

Dikatakan lalu, LSF belum menyampaikan alasan resmi tidak diluluskannya film yang dibintangi Anthony LaPaglia. Surat pemberitahuan juga belum disampaikan kepada dia.

“Mereka hanya bilang menolak begitu saja. Memang di luar kebiasan. Kalau film normal biasanya satu kali proses. Ini dua kali dan ada rapat pleno dihadiri oleh seluruh anggota LSF. Mayoritas menolak penayangan film tersebut,” cetus Lalu.

Film “Balibo” bercerita tentang terbunuhnya 5 wartawan Australia atau Balibo Five di Timur Leste (Timor Timur) tahun 1975. Mereka tewas saat berlangsung pertempuran antara pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan gerilyawan Timor Timur. Pemerintah Indonesia menyatakan film terebut sangat sensitif dan dapat membuka konflik antara Indonesia dan Australia. Kasus Balibo Five sendiri dinyatakan telah selesai.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…