Rabu, 2 Desember 2009 10:30 WIB News Share :

Gagal take off, penumpang AirAsia Jakarta-Denpasar panik

Jakarta–Pesawat AirAsia QZ 7510 jurusan Jakarta-Denpasar mengalami gagal take off, Rabu (2/12). Percobaan untuk take off dilakukan hingga tiga kali. Namun pesawat tetap mengalami gangguan, sehingga belum berhasil take off. Akibatnya penumpang pesawat panik.

Hingga pukul 09.25 WIB, pesawat masih berada di tempat parkir di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sementara para penumpang telah diturunkan dari pesawat dan menunggu di ruang tunggu.

Pesawat berjenis Boeing 737-300 ini seharusnya memiliki jadwal take off pukul 06.35 WIB. Dan sesuai jadwal, pesawat pun disiapkan beberapa menit sebelumnya. Para penumpang pun dipersilakan masuk.

Setelah semua penumpang masuk, pesawat pun perlahan-lahan bergerak menuju landasan. Namun, baru beberapa meter bergerak, pesawat kembali parkir. Para penumpang diberitahu ada gangguan ringan di display kokpit pesawat. Para penumpang diminta menunggu di dalam pesawat, sementara teknisi memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Beberapa puluh menit kemudian, kru mengumumkan bahwa pesawat siap untuk berangkat. Para penumpang diminta duduk dan mengenakan seat belt. Pesawat pun bergerak perlahan menuju landasan pacu. Namun, baru beberapa meter bergerak, pesawat menghentikan lajunya dan kembali ke parkir.

Kali ini, kru meminta para penumpang untuk turun pesawat dan menunggu di ruang tunggu. Para penumpang diminta bersabar menunggu teknisi memperbaiki gangguan yang terjadi.

Sekitar pukul 08.30 WIB, pihak AirAsia mempersilakan penumpang masuk kembali ke dalam pesawat, karena pesawat sudah diperbaiki dan siap untuk take off. Setelah semua penumpang masuk, pesawat pun bergerak menuju landasan pacu sekitar pukul 08.50 WIB. Setelah bergerak perlahan, pesawat kemudian bergerak kencang dengan kecepatan tinggi di landasan pacu untuk take off.

Namun, di saat pesawat bergerak kencang itu, tiba-tiba pilot mengerem pesawat secara tiba-tiba. “Para penumpang sempat panik, gara-gara rem mendadak itu. Ada seorang penumpang yang terlihat histeris,” kata salah seorang penumpang, Tama, kepada detikcom.

Kru pesawat pun mengumumkan kembali bahwa pesawat masih mengalami gangguan dan terpaksa kembali ke tempat parkir. Setelah pesawat sampai di tempat parkir, para penumpang diminta turun kembali dan menunggu di ruang tunggu.

Karena tidak mendapat kejelasan terbang, sebagian penumpang saat ini berkumpul di kantor AirAsia di Terminal 3. Sebagian meminta uang tiket dikembalikan (refund) dan sebagian meminta ditransfer ke pesawat lain.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…