Rabu, 2 Desember 2009 21:55 WIB Sragen Share :

580 Kasus AI ditemukan di Sragen sepanjang 2009

Sragen (Espos)–Sepanjang tahun 2009 Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Sragen mencatat ada sebanyak 580 kasus kematian unggas yang disebabkan terkena virus flu burung atau avian influenza (AI) di 10 kecamatan di Bumi Sukowati.

Akibatnya 10 kecamatan tersebut masuk dalam kategori daerah rawan penyebaran virus AI. Ke-10 kecamatan itu terdiri atas, Kecamatan Plupuh, Kedawung, Sidoharjo, Miri, Tanon, Kalijambe, Sragen, Gemolong, Sambungmacan dan Sukodono. Kabid Kesehatan Hewan Disnakan Kabupaten Sragen, Suhudi saat ditemui Espos, belum lama ini, mengatakan, sebanyak 580 kasus AI itu menyebar di 10 kecamatan itu, namun tidak semua desa ditemukan kasus. Dia menguraikan, seperti di Plupuh itu hanya satu desa, yakni Desa Pungsari.

Seperti di Kedawung, lanjutnya, ada tiga desa yang ditemukan kasus AI. Sebagai upaya antisipasi penyebaran virus itu, imbuhnya, warga bisa memberikan obat antibodi kepada unggas, terutama ayam kampung. Virus ini menurut Suhudi, jarang menyerang ayam potong, karena masa pemeliharaannya singkat, sehingga yang perlu diwaspadai pada peternakan ayam kampung, puyuh dan sebagainya.

trh

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…