Soloraya
Selasa, 1 Desember 2009 - 21:50 WIB

Tinggi, minat warga pinggiran bertransmigrasi

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Minat transmigrasi warga pinggiran Bumi Intanpari cukup tinggi. Selain dipicu kondisi ekonomi saat ini, mereka berharap bisa menuai sukses ketika memulai hidup baru di luar daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun Espos dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar, Selasa (1/12), menjelang akhir tahun ini Pemkab setempat telah mengirimkan lima kepala keluarga (KK) dengan total 17 jiwa ke wilayah Asinua Jaya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Advertisement

Padahal, peminat transmigrasi ke wilayah itu hampir dua kali lipat dari jumlah warga yang akhirnya diberangkatkan pada 3 November lalu itu.

“Memang banyak sekali peminat transmigrasi, terutama dari masyarakat yang tinggal di daerah pelosok atau pinggiran,” terang Kepala Dinsosnakertrans Karanganyar, Sumarno, saat ditemui di kantornya.

Dengan didampingi Bahrudin, staf urusan transmigrasi, dia menyebutkan pada pekan II Desember mendatang juga akan memberangkatkan kembali sebanyak 15 KK dengan total 61 jiwa ke Kalimantan Timur. Pada pekan II Desember mendatang, mereka akan diberangkatkan ke Meratak, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur. Pada angkatan transmigran ini, sebenarnya jumlah peminatnya juga sangat tinggi. Kami terpaksa menyeleksi ketat karena yang dibutuhkan memang hanya sebanyak 15 KK itu.

Advertisement

Diakuinya, setiap kali membuka pintu informasi tentang transmigrasi, antusiasme masyarakat Karanganyar di daerah-daerah pelosok sangat tinggi. Kendati, sebagian kecil masyarakat perkotaan juga meminatinya.

Program transmigrasi ini memang cukup menarik minat masyarakat kecil, karena di daerah tujuan, mereka mendapat fasilitas lahan garapan gratis seluas 1 hektare. Pada tahap II, transmigran juga masih memperoleh jatah 1 hektare lahan lagi yang berbentuk hutan. Harapannya, transmigran juga bisa memanfaatkan kayu-kayu yang ada sembari membuka hutan sebagai lahan garapan.

dsp

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Minat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif