Selasa, 1 Desember 2009 16:45 WIB Internasional Share :

Obama akan kirim 30.000 pasukan tambahan ke Afghanistan


Washington–
Setelah melakukan pertimbangan selama tiga bulan, Presiden AS Barack Obama akan mengumumkan perubahan strategi perang di Afghanistan.

Hal itu akan disampaikan Obama dalam pidatonya di Akademi Militer AS di West Point, New York pada Selasa, 1 Desember waktu setempat.

Dalam pidatonya nanti Obama akan mengumumkan pengiriman pasukan tambahan ke Afghanistan. Demikian diungkapkan pejabat-pejabat AS seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (1/12).

Gedung Putih tidak menjelaskan strategi apa yang akan disampaikan Obama dalam pidatonya yang telah lama dinanti itu. Namun sejumlah pejabat AS mengungkapkan, Obama akan mengumumkan bahwa dirinya menyetujui pengiriman sekitar 30.000 pasukan tambahan ke Afghanistan.

Dalam pidatonya itu Obama juga akan menyampaikan pengurangan pasukan secara perlahan dan penyerahan kendali keamanan ke pasukan Afghan dalam kurun waktu tiga tahun hingga lima tahun mendatang. Namun Obama tidak akan menyebutkan tanggal spesifik penarikan pasukan AS.

Saat ini ada sekitar 68 ribu tentara AS di Afghanistan. Ditambah lagi dengan sekitar 42 ribu pasukan sekutu di negeri itu. Namun belakangan ini pasukan multinasional direpotkan dengan kian meningkatnya serangan-serangan yang dilakukan kelompok perlawanan Taliban.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…