Selasa, 1 Desember 2009 14:08 WIB News Share :

Longsor, Jalinteng di Sumbar terputus

Padang–Longsor kembali mengakibatkan jalan lintas tengah Sumatera (Jalinteng) yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Solok terputus total. Longsor akibat hujan lebat itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB malam kemarin dan hingga Selasa (1/12) siang jalur utama Padang-Solok tersebut masih terputus.

“Sampai sekarang jalur tersebut belum dapat dilalui kendaraan. Kita mengalihkan lalulintas dari Padang menuju Solok dan sebaliknya melalui Padang Panjang,” ujar Wadirlantas Polda Sumbar, AKBP Arum Priyono, kepada detikcom melalui telepon, Selasa (1/12).

Dikatakan Arum, terdapat dua titik longsor di kawasan tersebut yang terjadi dalam waktu berdekatan. Longsor pertama terjadi di Kawasan Lubuk Paraku yang materialnya menutupi keseluruhan badan jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

“Ketika Polisi bersama petugas pekerjaan umum membersihkan longsoran di tempat pertama, terjadi longsor kedua arah Kota Padang. Saat ini, petugas dan aparat yang menangani longsor pertama terjebak antara dua longsor bersama 15 mobil dan alat berat,” tuturnya.

Menurut Arum, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kimpraswil Sumbar untuk menambah alat berat agar jalur tersebut dapat cepat beroperasi lagi. Jalur Padang-Solok, menurut dia, merupakan salah satu jalur utama yang ramai dilalui kendaraan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Longsor hanya menimbun badan jalan. Bila tidak terjadi lagi hujan lebat dan longsor susulan, kita berharap Jalinteng Padang-Solok sudah dapat digunakan kembali hari ini,” tukasnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…