Selasa, 1 Desember 2009 14:42 WIB Internasional Share :

Iran tahan lima pelaut Inggris

London–Otoritas Iran menahan lima pelaut Inggris. Mereka ditahan setelah kapal pesiar mereka dihentikan Angkatan Laut Iran di Teluk Persia.

Kapal pesiar milik Sail Bahrain itu dicegat dalam perjalanan dari Bahrain ke Dubai untuk mengikuti lomba kapal pesiar internasional. Mereka ditangkap saat kapal telah tersasar ke perairan Iran karena tidak berhati-hati.

Demikian disampaikan Kantor Luar Negeri Inggris seperti dilansir harian Telegraph, Selasa (1/12). Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband mengatakan, pejabat-pejabat Inggris telah melakukan kontak dengan pejabat-pejabat Iran untuk membahas soal penahanan tersebut.

“Saya harap masalah ini akan segera diselesaikan,” ujar Miliband.

Penangkapan ini bisa meningkatkan ketegangan antara Inggris dengan negara-negara besar dunia termasuk Inggris. Iran saat ini kian didesak oleh AS dan Eropa untuk menghentikan program nuklirnya.

Iran dituding berniat mengembangkan senjata atom lewat program nuklirnya. Namun Iran berulang kali menegaskan program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…