Selasa, 1 Desember 2009 12:01 WIB News Share :

Demo usut skandal Bank Century di Makassar ricuh

Makassar–Aksi demo puluhan mahasiswa mendesak kasus Bank Century diusut tuntas di Makassar berakhir ricuh. Dalam peristiwa itu, seorang mahasiswa yang dituding sebagai provokator diamankan polisi.

Aksi demo tersebut digelar puluhan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin, Makassar. Aksi berlangsung di depan kampus mereka, jl Sultan Alaudin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (1/12).

Awalnya aksi berjalan tertib. Para mahasiswa menggelar orasi mendesak skandal Bank Century diusut tuntas.

Namun tak lama berselang, aksi berjalan panas. Mahasiswa tidak sekadar berorasi. Salah seorang mahasiswa berniat membakar foto Presiden SBY. Melihat hal itu, polisi bertindak tegas. Mereka langsung mengamankan Zaid Amar, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, saat hendak membakar foto presiden.

Tindakan polisi ini menyulut emosi mahasiswa UIN Alaudin lainnya. Mereka berhamburan ke luar kampus dan langsung melakukan pemblokiran jalan. Akibatnya, arus lalu lintas di depan kampus tersebut macet total. Jalan yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa itu lumpuh.

“Kami akan berhenti menutup jalan ini sampai teman kami dibebaskan. Aksi kami ini kan murni atas nama rakyat, polisi tidak boleh mengalihkan isu suci kami,” pungkas Rizal, salah seorang mahasiswa.

Melihat kondisi semakin tak terkendali, akhirnya pejabar rektorat UIN Alaudin turun tangan. Mereka membujuk mahasiswa tak melakukan pemblokiran jalan. Sebab tindakan tersebut telah mengganggu kepentingan rakyat banyak. Polisi juga menjamin akan membebaskan Zaid Amar.

“Kami pasti membebaskan mahasiswa tersebut. Tapi sebelumnya kami harus mintai keterangan dulu,” kata Kapolsek Tamalate, AKP Suaeb Majid, di depan para demonstran.

Para mahasiswa akhirnya membuka pemblokiran jalan. Selain ada jaminan dari polisi, hal itu dilakukan mahasiswa karena melihat para pengguna jalan mulai kehilangan kesabaran.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…