Senin, 30 November 2009 14:40 WIB Haji,News Share :

Wabup Gayo Lues wafat saat tunaikan ibadah haji

Banda Aceh–Wakil Bupati (Wabup) Gayo Lues, Provinsi Aceh, Firdaus Karim,52, wafat saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Mekkah, karena sakit jantung.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi di Banda Aceh, Senin, menyatakan, Firdaus meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi, Kamis (26/11) malam setelah melaksanakan wukuf di padang Arafah.

Dikatakan, pada saat berangkat ke tanah suci, Firdaus bukan termasuk jemaah calon haji dari embarkasi Banda Aceh, melainkan menggunakan fasilitas haji plus melalui embarkasi Medan, Sumatra Utara.

Sementara itu, Jemaah haji Aceh yang wafat di tanah suci hingga saat ini tiga orang, yakni Abu Bakar bin Mak Abbas,81, kloter-1 dari Kabupaten Aceh Barat, Abbas bin Cut,75, kloter-4 asal Kabupaten Pidie, dan Razali bin Abdul Karim,67, kloter-9 asal Kabupaten Bireuen.

Dengan meninggalnya tiga orang tersebut, maka jemaah haji Aceh yang berada di tanah suci 3.559 orang yang terdiri atas 2.174 orang laki-laki dan 1.425 orang perempuan. Para jemaah haji Aceh kloter-1 akan kembali ke tanah air pada  3 Desember 2009. Diperkirakan rombongan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pada pukul 12.00 WIB.

Menyinggung musibah banjir dan angin kencang yang melanda sebagian wilayah di Mekkah, Juniazi menyatakan, para jemaah Aceh terhindar dari musibah tersebut.

“Alhamdulillah para jemaah haji Aceh lancar melaksanakan wukuf di Arafah,” katanya.

Menjelang kepulangan jemaah haji Aceh, akan dilantik Panitia Pemulangan Jemaah Haji Embarkasi Banda Aceh pada Selasa (1/12) oleh Ketua PPIH Aceh, A Rahman TB di Asrama haji. Setelah pelantikan, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi.
Ant/tya

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Kepompong Sastra Jawa Modern

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (15/7/2017). Esai ini karya Ibnu Wibi Winarko, pencinta sastra Jawa, pembaca novel berbahasa Jawa, dan peramu buku Sinopsis Novel Panglipur Wuyung jilid I dan II. Alamat e-mail penulis adalah benugila2013@gmail.com.¬† Solopos.com, SOLO–Adalah wajar…