Haji
Senin, 30 November 2009 - 14:40 WIB

Wabup Gayo Lues wafat saat tunaikan ibadah haji

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banda Aceh–Wakil Bupati (Wabup) Gayo Lues, Provinsi Aceh, Firdaus Karim,52, wafat saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Mekkah, karena sakit jantung.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi di Banda Aceh, Senin, menyatakan, Firdaus meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi, Kamis (26/11) malam setelah melaksanakan wukuf di padang Arafah.

Advertisement

Dikatakan, pada saat berangkat ke tanah suci, Firdaus bukan termasuk jemaah calon haji dari embarkasi Banda Aceh, melainkan menggunakan fasilitas haji plus melalui embarkasi Medan, Sumatra Utara.

Sementara itu, Jemaah haji Aceh yang wafat di tanah suci hingga saat ini tiga orang, yakni Abu Bakar bin Mak Abbas,81, kloter-1 dari Kabupaten Aceh Barat, Abbas bin Cut,75, kloter-4 asal Kabupaten Pidie, dan Razali bin Abdul Karim,67, kloter-9 asal Kabupaten Bireuen.

Dengan meninggalnya tiga orang tersebut, maka jemaah haji Aceh yang berada di tanah suci 3.559 orang yang terdiri atas 2.174 orang laki-laki dan 1.425 orang perempuan. Para jemaah haji Aceh kloter-1 akan kembali ke tanah air pada  3 Desember 2009. Diperkirakan rombongan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pada pukul 12.00 WIB.

Advertisement

Menyinggung musibah banjir dan angin kencang yang melanda sebagian wilayah di Mekkah, Juniazi menyatakan, para jemaah Aceh terhindar dari musibah tersebut.

“Alhamdulillah para jemaah haji Aceh lancar melaksanakan wukuf di Arafah,” katanya.

Menjelang kepulangan jemaah haji Aceh, akan dilantik Panitia Pemulangan Jemaah Haji Embarkasi Banda Aceh pada Selasa (1/12) oleh Ketua PPIH Aceh, A Rahman TB di Asrama haji. Setelah pelantikan, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi.
Ant/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Haji Wafat
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif