Soloraya
Senin, 30 November 2009 - 23:20 WIB

Raskin di Ngemplak tak layak dikonsumsi

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Karanganyar (Espos)–
Warga di Desa Ngemplak Kecamatan Karangpandan mengeluhkan penyaluran beras untuk ratusan kepala keluarga (KK) miskin (Raskin) periode bulan November di wilayah setempat yang berkualitas buruk dan dinilai tidak layak konsumsi.

Selain berbau apek dan berwarna keruh, Raskin yang disalurkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) di 11 dusun di Ngemplak, Senin (30/11), banyak di antara butiran-butirannya tidak utuh dan hanya berupa patahan. Bahkan di beberapa karung, warga uga menemukan kutu yang bercampur dengan jatah beras mereka sehingga keadaannya terlihat menjadi semakin memrihatinkan.

Advertisement

“Tidak hanya kali ini kami menerima Raskin dengan kualitas yang sangat tidak memadai, melainkan sudah sering. Tetapi apa boleh buat, warga hanya bisa pasrah karena tak ada yang bisa dilakukan,”  ungkap Ketua RT 01/R III Dukuh Gemawang, Trimo, 49, ketika ditemui Espos di sela-sela penyaluran Raskin untuk RTS di lingkungannya di Kantor Desa Ngemplak, kemarin.

Trimo menduga, buruknya kualitas beras yang dialokasikan kepada warganya karena terlalu lama berada di gudang penyimpanan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab Karanganyar, Suwarno, mengimbau agar warga dan pemerintah desa bersikap proaktif jika menemukan Raskin berkualitas buruk saat penyaluran di wilayah masing-masing. Dia menegaskan Dolog akan menyediakan beras pengganti yang mutunya lebih baik jika Raskin yang disalurkan tidak layak dikonsumsi.

try

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Buruk Raskin
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif