News
Senin, 30 November 2009 - 10:30 WIB

Koran The Sunday Times ditarik dari peredaran

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Dubai–
Koran Inggris the Sunday Times ditarik dari kios-kios di Uni Emirat Arab (UEA) menyusul pemberitaan intensif mengenai masalah utang Dubai.

Dewan Media Nasional memerintahkan para distributor menolak the Sunday Times tanpa memberikan alasan, demikian keterangan eksekutif koran tersebut dikutip detikcom dari the Wall Street Journal (29/11).

Advertisement

The Sunday Times edisi 29/11/2009 memuat gambar dua halaman mengilustrasikan Emir Dubai Sheik Mohammed bin Rashid Al Maktoum tenggelam dalam lautan utang.

Pihak the Times tak bersedia menjelaskan alasan penolakan atau jangka waktu kapan (penolakan) itu dicabut.

Koran ini adalah bagian dari News International, anak usaha News Corp., yang juga pemilik Dow Jones & Co. The Times dan the Sunday Times diterbirkan di U.A.E. melalui mitra lokal SAB Media.

Advertisement

Seorang pejabat pemerintah di Abu Dhabi, ibukota UEA, mengatakan bahwa gambar Sheikh disertai judul berita “Tenggelamnya Mimpi Dubai’ itu dinilai offensive (melecehkan, red).

Di UEA, yang antara lain mencakup Dubai, berlaku kode etik melarang publikasi yang mengkritisi penguasa setempat. Media lokal dan pejabat pemerintah setempat juga telah mengeluarkan kritik terhadap pers internasional menyangkut pemberitaan mengenai krisis utang negeri itu.

Sebelumnya pada awal bulan ini penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengatakan kepada para wartawan dalam sebuah konferensi tentang investasi agar mereka tutup mulut dan berhenti mengkritik emirat dan hubungannya yang krusial dengan Abu Dhabi.

Advertisement

Dubai saat ini sedang berjuang menghadapi utang yang diperkirakan melebihi US$80 miliar.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Peredaran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif