Senin, 30 November 2009 20:15 WIB Haji,News Share :

Amirul haj Indonesia bantah isu ratusan jemaah meninggal di wilayah Jamarat Mina

Jakarta–Amirul Haj Bahrul Hayat menepis beredarnya isu mengenai meninggalnya ratusan jemaah haji di kawasan Jamarat, Mina. Menurutnya, proses pelontaran jumrah selama tiga hari walau dalam keadaan padat tetap berjalan lancar.

“Tidak ada kejadian tewas itu. Termasuk saya mendapatkan laporan dua jamaah kita masuk (kecemplung) WC. Saya mohon diinfokan itu, di mana? Sampai saat ini belum ada laporan itu. Kepala Satuan Armina sudah memantau dan tidak menemukan itu,” kata Bahrul Hayat yang juga menjabat sebagai Sekjen Depag ini kepada wartawan di Mekah, Senin (30/11).

Memang kemarin sempat muncul isu 130 orang tewas karena berdesak-desakan di Jamarat. Namun, sejumlah petugas keamanan dan petugas kesehatan baik PPIH maupun Arab Saudi sendiri terlihat tidak ada menunjukan ada sesuatu yang luar biasa.

“Jamarat berjalan aman, sistem di Jamarat sudah lebih baik dan menghindarkan beradu jemaah dalam satu jalur. Memang kemarin sangat tinggi dan, tapi aman semua,” imbuhnya.

Saat ini, di hari ke tiga dari hari tasrik, sejak ba’da Sholat Dzuhur masih banyak jamaah haji yang melakukan pelontaran jamrah atau Nafar Akhir (Sani).

dtc/tya

Bagian Sirkulasi SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dirawat dan Merawat Cendekiawan Soedjatmoko

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (19/8/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Rabu, 15 Agustus 2017, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada delapan…