Senin, 30 November 2009 17:31 WIB News,Ekonomi Share :

20 BUMN siap go regional

Jakarta–Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mendorong 20 perusahaan plat merah dari 11 sektor industri untuk menjadi pemain di kelas regional.
 
Menurut Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar, sejumlah perusahaan plat merah tersebut saat ini sudah menjadi pemain besar di tingkat domestik.
 
“Sektor usaha ini akan menjadi prioritas supaya bisa menjadi BUMN kelas regional,” katanya di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (30/11).
 
Sebelas sektor industri tersebut antara lain sektor perbankan, Jasa Konstruksi, Perkebunan, Penerbangan, Energi, Telekomunikasi, Pertambangan, Semen, Pupuk, Industri Strategis dan Jalan Tol.
 
Ia mengatakan, BUMN yang akan didorong tersebut merupakan campuran antara perusahaan terbuka dan perusahaan tertutup.
 
Keduapuluh perusahaan tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Wijaya Karya, Adhi Karya, Pembangunan Perumahan (PP), PTPN III dan IV, Garuda, Pertamina, Telkom, Timah, PTBA, Antam, Semen Gresik, Pusri, PTDI, Pindad, PAL, dan Jasa Marga.
 
Ia mengaku, pihaknya tidak menerapkan target dalam rencana tersebut. Menurutnya, hal itu sangat tergantung kesiapan dari masing-masing BUMN.
 
“Kita dorong mereka go regional. Kapannya, tergantung dari kesiapan masing-masing BUMN,” ujarnya.
dtc/tya

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…