Soloraya
Senin, 30 November 2009 - 20:30 WIB

18 jemaah haji meninggal, Besok jemaah mulai dipulangkan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Pemulangan jemaah haji asal Indonesia akan dimulai Selasa (2/12) besok bersama petugas Tim Pembantu Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Ibadah Haji (TP4H).

Sementara itu, sesuai jadwal, jemaah haji asal Jepara akan menempati urutan pertama pada pemulangan haji sekitar pukul 15.45 WIB dari Mekah.

Advertisement

“Jika tak ada aral melintang, jemaah haji Kloter 1 dari Jepara akan tiba di Bandara Adisoemarmo, Kamis (3/12) pagi sekitar pukul 06.45 WIB.

Mereka akan langsung disambut Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo di bandara,” ujar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Adisoemarmo, Ahmad Su’aidi kepada Espos, Senin (30/11).

Su’aidi menjelaskan, pemulangan jemaah haji mulai kali ini akan berbeda seperti pemulangan haji pada tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan paspor yang dipakai jemaah haji kali ini ialah paspor hijau yang berbeda dengan sebelumnya yakni paspor haji atau paspor coklat. Perbedaan paspor kali ini berimplikasi pada pemeriksaan paspor hijau setiba di Debarkasi Adisoemarmo. “Kali ini pemeriksaan paspor lebih ketat dan tak dilakukan di dalam bus seperti yang sudah-sudah. Melainkan akan dilakukan di dalam gedung steril Muzdalifah Asrama Haji Donohudan,” jelasnya.

Advertisement

Hingga saat ini, kata Su’aidi, jumlah jemaah haji yang meninggal di Mekah dari Embarkasi Adisoemarmo telah mencapai 18 jiwa dari total semuanya se-Indonesia sebanyak 128 jiwa.

asa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : DIY Jemaah Haji Meninggal
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif