Sabtu, 28 November 2009 20:47 WIB Klaten Share :

Hasil Kunker Komisi I, “Butuh political will kuat untuk bangun daerah”


Klaten (Espos)–
Komisi I DPRD Klaten mendapatkan sejumlah pelajaran berharga terkait kunjungan kerjanya ke Bali beberapa waktu lalu. Salah satu hal yang bisa diserap dari kegiatan tersebut adalah legislatif Klaten menemukan adanya komitmen kuat berupa <I>political will<I> pemerintah daerah setempat untuk membangun wilayahnya.

Anggota Komisi I DPRD Klaten, M Agung Suryantoro kepada Espos, Sabtu (28/11), mengatakan, komitmen kuat itu tak hanya diwujudkan dalam aksi politik berupa jargon-jargon semata. Melainkan terwujud dalam komitmen penganggaran dan fokus program pembangunan. “Salah satu manfaat yang kami dapat adalah selain harus memiliki konsep pembangunan yang hebat, pengembangan daerah juga harus didukung political will yang kuat,” tandas dia di Klaten.

Manfaat itu dapat dia lihat saat komisinya melakukan kunjungan kerja di Pemkab Badung, Bali. Saat berada di Badung, pihaknya menerima ada tujuh sasaran program kerja pemerintah daerah setempat. Tujuh sasaran itu dibuat terencana dan fokus. Salah satu hal yang menonjol adalah soal pertanian.

Dia membeberkan, Pemkab Badung, Bali memiliki komitmen kuat terkait pengembangan pertanian. Hal itu diwujudkan dengan membangun sekolah pertanian di wilayah setempat. Pembangunan itu selanjutnya didukung dengan pengembangan program berupa fasilitasi kepada siswa yang belajar di sekolah tersebut. “Siswa yang belajar jumlahnya hanya sedikit, dan mereka sekolahnya benar-benar gratis. Setelah lulus, mereka diminta komitmennya untuk mengembangkan pertanian di salah satu kecamatan yang ada di Badung,” urai dia.

Dari hal tersebut, jelas Agung, sudah dapat dilihat adanya komitmen kuat dari Pemkab Badung terkait pengembangan pertanian. Kondisi itu dia nilai berbeda dengan Pemkab Klaten. Pemerintah daerah setempat, memiliki program bahkan konsep pengembangan daerah yang luar biasa.

Salah satu konsep tersebut adalah Agropolitan. Namun demikian, sejauh ini, pihaknya belum melihat ada komitmen kuat dari eksekutif setempat terkait pengembangan agropolitan itu.

haa

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…