Jumat, 27 November 2009 15:57 WIB Haji,Internasional Share :

Wukuf lancar, jemaah haji datangi lagi Masjidil Haram

Mekah–Jemaah calon haji (calhaj) Indonesia menjalani Wukuf di Padang Arafah berjalan aman dan lancar. Bahkan saat ini, jamaah haji Indonesia sudah berada di Mina untuk melempar jumrah dan sebagian sudah kembali ke Masjidil Haram di Makkah Al Mukarromah.

Pantauan detikcom bersama tim Media Center Haji (MCH) di Arafah, Kamis (26/11) semua jamaah yang menempati semua tenda dengan ruangan yang cukup memadai dan ber AC itu, melakukan sejumlah kegiatan seperti ceramah, dzikir, shalawat dan membaca Al Quran.

Menjelang Wukuf, di perkemahan Misi Haji Indonesia, jamaah juga mendengarkan sambutan Menteri Agama Suryadharma Ali. Termasuk dialog tentang fiqh seputar ibadah haji dengan Sayyid Hamid Akkaff Al Banjari, serta khutbah wukuf yang disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub.

Ali dalam khutbahnya menekankan pentingnya ibadah sosial dibanding individual. Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. “Dalam hidupnya Rasulullah berkesempatan menjalani haji tiga kali dan umrah sunah ribuan kali. Namun hingga akhir hayatnya Rasulullah hanya berhaji sekali dan berumrah sunah dua kali. Itu karena Rasulullah lebih mementingkan ibadah sosial dibanding individual. Rasulullah lebih banyak menyantuni anak yatim dan bersedekah pada kaum fakir miskin,” jelasnya.

Para jamaah haji mendapatkan makanan katering sebanyak tiga kali di Arafah. Setelah Salat Maghrib yang diqoshor dengan Salat Isya, para jamaah langsung bergerak menuju Muzdalifah untuk mabit (bermalam sejenak) sambil mencari batu kerikil untuk melempar jumrah.

Setelah istrirahat sampai Jumat (27/11) pukul 00.30 waktu Arab Saudi, sebagian jamaah haji termasuk Indonesia berbondong-bondong bergerak menuju Mina dengan berjalan kaki atau menaiki kendaraan bus untuk melakukan lempar jumrah.

Setelah melempar jumrah, semua jamaah tersebut langsung melanjutkan menuju Masjidil Haram yang jaraknya sekitar 10 kilometer. Selain untuk melakukan Tawaf, mengelilingi tujuh kali Ka’bah dan Sa’i. Mereka juga akan mengikuti Salat Idul Adha pagi ini.

 

dtc/tya

lowongan kerja
lowongan kerja Klinik Bersalin utama RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…