Jumat, 27 November 2009 16:35 WIB Solo Share :

Ribuan umat Islam di Solo tunaikan Salat Idul Adha

Solo (Espos)–Ribuan umat Islam di Kota Solo, Jumat (27/11) pagi, menunaikan Salat Idul Adha di tanah-tanah lapang. Ritual keagamaan tersebut berlangsung lancar dan khusyuk.

Berdasar pantauan Espos, kaum muslimin telah memadati titik-titik atau lokasi Salat Idul Adha sejak fajar. Titik tempat salat seperti di tanah-tanah lapang halaman kantor atau gedung perkantoran, serta beberapa ruas jalan. Kaum muslim menunggu waktu salat sembari mengumandangkan takbir kebesaran Allah SWT.

Seperti Salat Idul Adha di Kompleks Balaikota Solo yang dikooordinasikan oleh Kantor Departemen Agama (Kandepag) Solo bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Solo. Ratusan jemaah salat baik laki-laki dan perempuan, khusyuk menunaikan salat di pelataran balaikota menggunakan alas sajadah atau koran.

Salat Idul Adha di pelataran balaikota diikuti oleh Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), serta jajaran Muspida. Sedangkan yang bertindak sebagai imam salat yaitu Ustadz M Mukhtarom Alhafidz dan khotib Prof Dr M Furqon Hidayatullah MPd.

Dalam ceramahnya, khotib mengajak jemaah salat supaya meningkatkan derajat takwa yakni menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Muslimin yang bertakwa memiliki beberapa dimensi keutamaan seperti mendapat kedudukan mulia di hadapan Allah SWT dan mendapat jalan keluar atas persoalan yang sedang di hadapi. Prof Furqon lalu mencontohkan kisah Nabi Ibrahim yang diperintah oleh Allah melalui mimpi, supaya menyembelih anaknya Ismail.

Perintah tersebut ditunaikan oleh Ibrahim dan Ismail dengan dilandasi rasa tabah dan kekuatan iman. Namun pada akhirnya, Allah menyelamatkan Ismail dari mata pedang lalu menggantinya dengan domba.

Selepas Salat Idul Adha, Walikota Jokowi menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa enam ekor sapi dan lima kambing kepada Takmir Masjid Baitul Hikmah Balaikota Solo.
kur

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…