Kamis, 26 November 2009 17:05 WIB Ekonomi,News Share :

Grup Bakrie segera bayar 7% saham PT Newmont

Mataram–Pemda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan anak usaha grup Bakrie, Multicapital akan segera membayar 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara. Angka pembayaran itu berarti baru setelah dari total pembelian saham divestasi Newmont sebesar 14% dengan nilai US$ 493,64 juta.

Pembayaran saham itu dilakukan setelah penandatanganan Perjanjian Jual Beli atau Sales and Purchase Agreement (SPA) divestasi 14 persen saham NNT pada 23 November lalu.

“Kami hanya akan membayar tujuh persen saham yang dilepas tahun 2008 terlebih dahulu. Nilainya setengah dari harga US$ 493,6 juta,” ujar Andy Hadianto, Direktur Utama PT Daerah Maju Bersaing (DMB) di Mataram Kamis (26/11).

DMB adalah perusahaan daerah bentukan tiga pemda di NTB. DMB bersama Multicapital telah membentuk perusahaan patungan PT Multi Daerah Bersaing (MDB) untuk mengeksekusi pembelian saham Newmont. Multicapital merupakan anak usaha dari Bakrie Capital dan Bumi Resources.

Menurut Andy, MDB baru akan membayar setengah saham lagi yang didivestasikan tahun 2009, usai pemilik saham NNT menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS). Hingga kini, MDB belum mendapat pemberitahuan kapan RUPS Newmont akan digelar.

Transfer pembayaran setengah saham itu hingga Kamis belum dilakukan MDB. MDB masih menunggu izin dari Departemen ESDM dan Badan Koordinasi Penanaman Modal terkait divestasi saham ini.

Begitu memperoleh izin dari ESDM dan BKPM, MDB kata Andy akan mentransfer dana sebesar US$ 246,82 ke rekening pemegang saham asing Newmont, untuk pembayaran tujuh persen saham yang dilepas tahun 2008.

Sesuai kesepakatan dalam SPA, MDB diberi waktu 15 hari untuk membayar saham Newmont terhitung setelah menerima izin dari ESDM dan BKPM.

“Tapi kami tidak akan minta waktu banyak. Sehari setelah mendapat izin dari ESDM dan BKPM, saham tahun 2008 akan kami bayar langsung,” ujarnya.

Kemungkinan besar pembayaran saham akan ditransfer melalui Bank Mandiri di Singapura, seperti pembayaran 10% saham Newmont sebelumnya.

dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja BMT DINAR MULYA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Generasi Y dalam Birokrasi

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Selasa (13/6/2017). Esai ini ditulis oleh Tiyas Nur Haryani, dosen di Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah tiyasnur@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Belum banyak tulisan dan penelitian…