News
Rabu, 25 November 2009 - 14:35 WIB

Total senilai Rp 6,1 triliun aliran dana untuk tambal 'maling'

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta–
Hasil audit investigasi BPK mengungkapkan bahwa dari total suntikan sebesar Rp 6,7 triliun, senilai Rp 6,1 triliun digunakan untuk menambal bobolnya Bank Century akibat ulah tiga pemilik, yakni Robert Tantular, Rafat Ali Rizfi dan Hesham al Warraq.

Menurut BPK, biaya penanganan Rp 6,7 triliun lebih banyak digunakan untuk menutupi kerugian-kerugian Century akibat praktek-praktek tidak sehat dan pelanggaran-pelanggaran ketentuan yang dilakukan oleh pengurus bank, pemegang saham dan pihak terkait Bank Century.

Advertisement

BPK menilai karena Century dinyatakan sebagai bank gagal, maka kerugian-kerugian tersebut pada akhirnya harus ditutup oleh penyertaan modal sementara oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Dari jumlah kerugian Rp 6,1 triliun akibat ulah pemilik, sebanyak Rp 3,1 triliun merupakan kerugian Century akibat ulah Robert Tantular dan Hesham al Warraq. Sedangkan, Rp 3 triliun lagi merupakan kerugian yang disebabkan oleh Robert Tantular dan pihak terkait Robert.

Sementara tudingan sejumlah kelompok yang memojokkan pengambil kebijakan dalam kasus PT Bank Century Tbk kemungkinan bakal menghadapi kendala.

Advertisement

Selain tudingan itu disangkal oleh Menkeu Sri Mulyani dan Deputi Gubernur Senior BI Darmin Nasution, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan juga menunjukkan penyebab suntikan modal Century sebesar Rp 6,7 triliun.

Sehari setelah BPK menyerahkan hasil audit ke DPR, Menkeu membantah tudingan bahwa bail-out Century dilakukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

“Tidak ada klonflik kepentingan, baik pribadi atau kelompok yang menodai keputusan ini,” ujar Sri Mulyani. Mantan Gubernur BI Boediono juga menyampaikan jawaban serupa sebelumnya sesuai dilansir dari VIVAnews, Rabu (25/11).

isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bank Century BPK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif