Rabu, 25 November 2009 12:10 WIB News Share :

SBY serukan semangat perdamaian dunia

Ambon--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menabuh gong perdamaian yang kali ini dilakukan di Ambon, Maluku, Rabu (25/11). SBY pun menyerukan semangat perdamaian dunia.

“Indonesia mengajak bangsa lain untuk menyerukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memelihara perdamaian dunia,” papar SBY dalam sambutannya dalam peresmian monumen Gong Perdamaian Dunia di Lapangan Pelita, Ambon, Maluku.

Khusus di Maluku, SBY berharap perdamaian yang sudah susah payah diwujudkan untuk dijaga. Terlebih Maluku pada hari ini mendapat anugerah gong perdamaian dunia.

“Maluku memiliki pelajaran berharga dalam menciptakan kedamaian. Semua pihak agar memelihara perdamaian ini, menjaga persaudaraan, untuk membangun Maluku lebih baik,” harap SBY.

“Kita harus bekerjasama dalam upaya mengakhiri berbagai konflik secara damai. Mari kita carikan solusi secara damai,” imbuhnya.

Menurut SBY, perdamaian harus dijaga sepenuhnya. “Dunia yang aman dan damai itu tidak datang dari langit, semua harus diperjuangkan. Manakala perdamaian itu terwujud harus kita jaga dan pelihara,” kata SBY.

SBY pun menyampaikan bahwa Indonesia mengajak bangsa lain di dunia untuk membangun tatanan dunia yang adil dan damai. SBY menawarkan solusi perdamaian dengan berbagai pertemuan di tingkat lokal hingga internasional.

“Indonesia mengajak mari kita bangun dialog antar peradaban, dialog antar agama, dialog antar media, dialog antar generasi dengan demikian satu sama lain semakin bersatu menjaga perdamaian dan keamanan dunia,” tegasnya.

Setelah menabuh gong, SBY kemudian menandatangani peresmian monumen Gong Perdamaian di Lapangan Pelita. Monumen ini dilengkapi dengan ruangan khusus dibawahnya yang dilengkapi berbagai foto kejadian kerusuhan Ambon sebelum damai seperti sekarang.

Ruangan seperti museum ini juga diisi dengan LCD berukuran 19 inch yang memutar kehancuran Maluku, lengkap dengan penderitaan warga, usai keributan besar di Provinsi Siwa Lima ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…