Rabu, 25 November 2009 01:58 WIB Wonogiri Share :

Puluhan desa di Wonogiri di warning belum serahkan lelang kas desa


Wonogiri (Espos)–
Puluhan desa di 14 kecamatan di Kabupaten Wonogiri diberi peringatan tertulis lantaran belum memberikan laporan hasil lelang tanah kas desa ke Bagian Pemerintahan Desa Setda Wonogiri. Mereka diberi tenggat waktu sampai Senin (30/11) untuk menyerahkan laporan tersebut.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Sunarso, ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/11) mengungkapkan, mulai 2009 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengeluarkan kebijakan agar setiap desa melelang pengelolaan tanah kas desa. Hasil lelang itu akan menjadi pendapatan tetap pemerintah desa.

Di antaranya bisa digunakan untuk membayar gaji perangkat desa, atau membiayai program-program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Sedangkan yang dilelang biasanya adalah tanah-tanah kas desa yang berupa areal persawahan, tegalan dan lain-lain yang menghasilkan.

“Kebijakan itu dikeluarkan September 2009 lalu dan mestinya sekarang masing-masing pemerintah desa sudah mulai melelang tanah kas desanya untuk pengelolaan satu tahun ke depan. Hasil lelang itu kami minta untuk dilaporkan ke kami,” jelas Sunarso.

Dia mengungkapkan, hingga Senin kemarin, baru desa-desa di 11 kecamatan yang sudah menyerahkan hasil lelang tanah kas desanya. Kesebelas kecamatan dimaksud adalah Wonogiri, Sidoharjo, Purwantoro, Slogohimo, Kismantoro, Bulukerto, Puhpelem, Baturetno, Tirtomoyo, Giritontro, dan Wuryantoro.

Terkait itulah, Sunarso mengatakan, Senin kemarin pihaknya mengirimkan surat No 140/8342 ke pemerintah kecamatan dan desa. Isinya peringatan agar menyerahkan laporan hasil lelang tanah kas desa paling lambat Senin (30/11) mendatang.

shs

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Reposisi dan Pencitraan Gunung Kemukus

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (30/6/2017). Esai ini karya Suharno, dosen di Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Solo. Alamat e-mail penulis adalah suharno_mm_akt@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Gunung Kemukus sangat terkenal dan melegenda. Tidak hanya di…